Kecebong Katak Tebu Menjadi Kanibal, Saling Memakan Anak Katak Sejenisnya

Kompas.com - 02/09/2021, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Katak tebu adalah spesies katak invasif di Australia. Saat memasuki fase kecebong, anak-anak katak ini menjadi kanibal dengan memakan kecebong-kecebong katak tebu lainnya.

Studi baru menemukan, anak-anak katak berkembang lebih cepat, mengurangi waktu yang dibutuhkan kecebong-kecebong lapar untuk melahap mereka.

"Jika kanibal mencari Anda, semakin sedikit waktu yang Anda habiskan sebagai telur atau tukik, semakin baik," kata pemimpin peneliti Jayna DeVore, ahli biologi yang melakukan penelitian sebagai rekan penelitian pascadoktoral di University of Sydney.

Kendati demikian, berkembang biak dengan sangat cepat mungkin bisa menjadi hal buruk.

Dibandingkan dengan anak katak yang tumbuh normal, namun, anak-anak katak tebu yang tumbuh jauh lebih cepat akan bernasib lebih buruk, ketika mereka mencapai tahap kehidupan kecebong.

"Jadi tidak layak untuk mencoba membela diri dengan cara ini kecuali kanibal benar-benar datang untuk Anda," kata DeVore, dilansir dari Live Science, Kamis (2/9/2021).