Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Virus Corona Variant of Concern dan Variant of Interest?

Kompas.com - 25/08/2021, 16:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber WHO,The Hindu

KOMPAS.com - Variant of Concern (VOC) dan Variant of Interest adalah klasifikasi terhadap beberapa varian virus corona yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sejak mutasi virus corona ditemukan terus bermunculan, dan menimbulkan berbagai kekhawatiran, WHO dan jaringan pakar internasional terus memantau dan mengawasi evolusi virus corona penyebab pandemi Covid-19 sejak tahun 2020.

Selama akhir tahun 2020, munculnya varian-varian virus corona telah meningkatkan risiko kesehatan masyarakat global.

Kondisi ini kemudian mendorong karakterisasi terhadap varian-varian baru virus corona yang dikategorikan sebagai Variants of Interest (VOI) dan Variants of Concern (VOC), dilansir dari situs resmi WHO, Rabu (25/8/2021).

Menurut WHO dalam situs resminya, karakteristik ini memprioritaskan pemantauan dan penelitian global, yang pada akhirnya untuk menginformasikan respons yang dapat dilakukan terhadap pandemi Covid-19 saat ini.

Belakangan ini, istilah-istilah Variant of Concern dan Variant of Interest tersebut menjadi perhatian para pakar kesehatan di seluruh dunia, terhadap sejumlah varian virus corona SARS-CoV-2.

Baca juga: WHO Klasifikasikan Virus B.1.617 India sebagai Variant of Concern, Ini Artinya

 

Lantas, apa itu Variant of Concern dan Variant of Interest?

Variants of Concern

Dilansir dari The Hindu, Variants of Concern adalah yang diterjemahkan WHO sebagai varian virus corona yang menyebabkan peningkatan penularan, dan peningkatan kematian.

Bahkan, varian virus corona yang masuk dalam kategori ini juga disebut memiliki kemampuan dalam memengaruhi efektivitas vaksin.

Diketahui bahwa varian SARS-CoV-secara signifikan dapat menurunkan efektivitas vaksin Covid-19 secara signifikan, bahkan memengaruhi terapi dan tindakan medis lain.

Artinya, kelompok varian VOC ini memiliki kemampuan peningkatan penularan yang merugikan dalam epidemiologi Covid-19.

Varian-varian virus corona yang termasuk dalam kelompok yang dikategorikan sebagai Variant of Concern antara lain, yakni varian Alpha, varian Beta, varian Gamma, dan varian Delta.

Baca juga: Varian Virus Corona Delta Menggandakan Risiko Rawat Inap, Ini Risetnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com