Kompas.com - 25/08/2021, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Ahli virologi dari Institut Pasteur di Paris, Sophie-Marie Aicher dan Delphine Planas berhasil merekam perilaku mikroskopis virus corona SARS-CoV-2 yang mengamuk ketika menginfeksi sel otak kelelawar.

Perilaku yang dilakukan virus corona saat menginfeksi sel kelelawar ini sama seperti ketika menginfeksi manusia.

Meski berdurasi 10 menit, Aicher dan Planas merekam kejadian itu cukup lama, hingga 48 jam.

Video ini pun berhasil memenangkan penghargaan terhormat dalam kompetisi video mikroskopis yang disponsori oleh perusahaan fotografi, Nikon.

Dalam video di bawah ini, Anda dapat melihat detik-detik virus corona mengintai targetnya, bersiap memangsa dengan sembunyi-sembunyi dan presisi menyerang perlindungan buruannya.

Baca juga: Apa Itu Covid-22, Lebih Ganas dari Delta? Ini Kata Pakar Kesehatan

Begitu masuk, virus corona memaksa host-nya untuk menghasilkan lebih banyak penyusup, dan kemudian menyebabkannya meledak.

Ledakan ini menghasilkan lebih banyak virus yang siap menyerang seperti amukan masa dalam jumlah besar.

Dilansir dari New York Times, Sabtu (22/8/2021), "drama" tersebut cukup menggambarkan bagaimana virus corona SARS-CoV-2 yang menginfeksi sel otak kelelawar mampu mengubah sel menjadi pabrik pembuat virus, sebelum menyebabkan sel inang mati.

Dalam rekaman tersebut, susunan sel otak kelelawar adalah yang berupa gumpalan abu-abu. Sementara titik merah yang ada di sekitar gumpalan abu-abu merupakan sel yang mati setelah terinfeksi virus.

Sel-sel yang terinfeksi bergabung dengan sel-sel di sekelilingnya untuk membentuk massa yang lebih besar. Menjelang akhir video, mereka meledak, menandakan sel-sel mati.

Aicher yang mengambil spesialis penyakit zoonosis, penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia, mengatakan bahwa serangan virus penyebab Covid-19 saat menginfeksi sel kelelawar perilakunya juga sama seperti pada manusia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.