Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kita Perlu Menggunakan Jas Laboratorium?

Kompas.com - 24/08/2021, 21:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Bekerja di laboratorium perlu mematuhi pedoman khusus. Pedoman bekerja di laboratorium salah satunya adalah berkaitan dengan pakaian, yaitu jas laboratorium.

Setiap orang yang bekerja di laboratorium harus menggunakan pakaian ini sebagai alat pelindung diri. Dilansir dari West Lab, ada 6 alasan mengapa kita perlu menggunakan jas laboratorium.

1. Melindungi badan dan lengan

Jas laboratorium memberikan penghalang pada tubuh dan lengan kita dari risiko kontak dengan zat berbahaya yang ada di laboratorium. Contohnya, bahan kimia yang berbahaya.

2. Melindungi dari api ringan

Jas laboratorium yang ideal adalah yang memiliki bahan 35 persen polyester dan 65 persen katun. Bahan ini memiliki sedikit sifat menghalangi api.

Polyester adalah bahan yang cukup menangkal bahan kimia. Sedangkan katun memiliki sifat menghambat menjalarnya api. Hal ini tentu diperlukan karena berbagai percobaan di laboratorium menggunakan api dan terdapat risiko terbakar.

3. Mencegah kontaminasi silang

Salah satu percobaan yang dilakukan di laboratorium adalah berkaitan dengan patogen seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit. Selain itu, Anda juga mungkin kontak dengan darah atau cairan tubuh lainnya. Jika tidak berhati-hati, Anda berisiko terkena kontaminasi silang melalui pakaian yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, menggunakan jas laboratorium akan membantu mencegah kontaminasi silang dan menjaga patogen tidak keluar dari laboratorium.

Baca juga: WHO Kunjungi Laboratorium di Wuhan, Cari Petunjuk Asal-usul Corona

4. Cepat dan mudah dilepas

Berbagai pekerjaan di laboratorium berisiko terjadi kecelakaan dan kondisi gawat darurat. Contohnya adalah kebakaran atau zat berbahaya yang tumpah mengenai pakaian. Jika terjadi kondisi tersebut, melepas jas laboratorium sangat cepat agar tidak mengenai tubuh kita lebih lanjut.

Jelas ini menguntungkan dibandingkan bekerja di laboratorium tanpa menggunakan jas pelindung.

5. Area kerja lebih aman

Jas laboratorium dilengkapi karet pada ujung lengan. Ini akan membantu Anda lebih leluasa di area kerja karena tidak khawatir tersenggol lengan jas.

6. Melindungi pakaian dari kontaminasi

Selain untuk keamanan pekerjaan, ini juga akan melindungi baju Anda dari debu atau kontaminasi yang mungkin tidak terlihat.

Alat pelindung diri lainnya

Dilansir dari Michigan State University, jas laboratorium hanya satu dari beberapa alat pelindung diri yang dikenakan di laboratorium. Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, Anda harus tetap mengenakan alat atau prosedur tambahan sebagai berikut:

  • Mengikat rambut yang panjang
  • Tidak boleh menggunakan perhiasan
  • Menggunakan sarung tangan dan kacamata khusus
  • Menggunakan sepatu tertutup
  • Tidak mengenakan pakaian yang terlalu besar karena berisiko terbakar atau mengenai cairan berbahaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com