Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kuburan Kuno Ditemukan di Irlandia Berkat Domba dan Kambing

Kompas.com - 08/08/2021, 16:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Disembunyikan oleh alam selama berabad-abad lamanya, ratusan kuburan yang terlupakan ditemukan di halaman gereja di Irlandia, berkat bantuan binatang-binatang.

Domba dan kambing dikerahkan untuk membersihkan kuburan yang tertutup rumput di samping gereja St Matthew di Cork, Irlandia.

"Mereka membantu mengembalikan sejarah yang terlupakan," kata Audrey Buckley salah satu sukarelawan proyek konservasi pemakaman.

Lebih dari 500 kuburan yang diperkirakan hilang telah ditemukan di balik rumput yang rimbun.

Baca juga: Kuburan Massal Hewan Purba Ditemukan di Spanyol, Isinya Badak hingga Kucing Bergigi Pedang

Menyatukan masyarakat dan masa lalu

Upaya untuk memperbaiki pemakaman ini dimulai pada musim panas 2020, sebagai bagian dari perluasan proyek konservasi Templebreedy Save our Steeple.

"Kami mencoba untuk mengembalikan sejarah kami, memungkinkan orang untuk terhubung dengan leluhur yang terlupakan," ujar Buckley.

"Ini tentang menyatukan masyarakat kita, sekaligus melestarikan masa lalu kita."

Gereja yang terletak di puncak bukit yang menghadap desa Crosshaven, Cobh dan pelabuhan Cork ini dibangun pada abad ke-18.

Berdiri di lokasi gereja sebelumnya berdiri, gereja ini lambat laun menjadi puing-puing dengan kuburan tertua yang berasal dari tahun 1711.

Sekitar 400 kuburan yang ditemukan, memiliki batu nisan dengan tulisan di permukaannya, dan detail nisan itu kini telah diunggah ke database online.

Di antara makam-makan itu, ada makam Maria Kate Russel yang ketika meninggal pada 1872 baru berusia dua tahun.

Penemuan batu nisannya adalah salah satu dari sejumlah momen dalam proyek konservasi yang "membuat kami berhenti melakukan pekerjaan" kata Buckley.

"Penting bagi kami untuk mengetahui siapa gadis kecil ini dan sejak itu kami dapat melacak cucu keponakan gadis kecil itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com