Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuburan Peliharaan Tertua di Dunia Ada di Mesir, Ada 600 Kerangka Kucing dan Anjing

Kompas.com - 01/03/2021, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Sciencemag


KOMPAS.com- Arkeolog berhasil menemukan kuburan peliharaan tertua di dunia. Kuburan berusia 2000 tahun lalu itu berisi kerangka kucing dan anjing yang berlokasi di pelabuhan Romawi kuno Berenice, Mesir.

Sebenarnya situs tersebut telah ditemukan 10 tahun yang lalu, tetapi peneliti saat itu belum mengetahui pasti tujuan pasti di balik situs itu.

Kini setelah dilakukan penggalian terperinci, arkeolog menemukan bukti 600 kucing dan anjing dikuburkan di situs Berenice.

Namun tak hanya itu saja, ahli juga mengungkapkan jika hewan-hewan yang dikuburkan merupakan hewan peliharaan yang berharga. 

Banyak kerangka anjing dan kucing yang dibaringkan menggunakan kerah atau hiasan lainnya.

Baca juga: Es Antartika Meleleh, Kuburan Penguin Berusia 5.000 Tahun Terungkap

 

Temuan kuburan itu pun menunjukkan jika konsep hewan peliharaan tak asing di dunia kuno, sekaligus menjadikannya sebagai kuburan peliharaan tertua yang pernah diketahui.

"Saya tak pernah menemukan kuburan seperti ini. Gagasan tentang hewan peliharaan sebagai bagian dari keluarga sulit dipahami di zaman kuno tetapi saya pikir mereka adalah keluarga di sini," ungkap Michael MacKinnon, ahli kebun di Universitas Winnipeg yang tak terlibat dalam penelitian ini.

Seperti dikutip dari Science Mag, Senin (1/3/2021) arkeozoolog Marta Osypinska bersama rekan-rekannya di Polish Academy of Sciences, Polandia menemukan kuburan tersebut di bawah pembuangan sampah Romawi pada 2011.

Kuburan hewan peliharaan tersebut tampaknya telah digunakan antara abad pertama dan kedua Masehi, ketika Berenice, Mesir masih menjadi pelabuhan Romawi yang ramai, memperdagangkan gading, kain, dan barang mewah lainnya dari India, Arab, dan Eropa.

Baca juga: Arkeolog Temukan Kuburan Viking Kuno di Norwegia

Halaman:
Sumber Sciencemag
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com