Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Risiko Penularan Varian Baru Covid-19, Begini Cara Memakai Masker yang Benar

Kompas.com - 06/07/2021, 19:45 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ahli mengingatkan, salah memakai masker justru bisa meningkatkan risiko Anda terpapar Covid-19.

Dalam upaya menekan risiko transmisi infeksi varian baru Covid-19 yang disebut progesif menular lebih cepat, memperparah kondisi, hingga berpeluang re-infeksi, masyarakat diminta jangan asal memakai masker sembarangan.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bhakti Wara, dr Nafiandi SpPK  dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

“Seseorang sangat riskan terpapar Covid-19, jika jenis masker yang digunakan salah, cara memakai dan membuka masker salah, sering memegang masker waktu dipakai terutama bagian depan, serta tidak menjaga jarak, karena tetap berisiko terinfeksi walaupun sudah memakai masker,” kata Nafriandi.

Baca juga: Masker Dobel Itu Bukan Pakai 2 Masker Bedah, Begini Cara Pakainya

Lantas, bagaimana menggunakan masker yang benar?

Seperti diketahui, penularan Covid-19 ini melalui 3 jalur yaitu inhalasi (terhirup), deposisi (terpercik), dan kontak langsung (sentuhan) terhadap virus yang terkandung di droplet, partikel aerosol (airborne), ataupun permukaan benda-benda yang terkontaminasi dari cairan respirasi orang yang terinfeksi positif Covid-19.

Oleh karena itu, sejauh ini, penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan wajib yang harus dipatuhi semua orang untuk meminimalisir potensi risiko penularan penyakit Covid-19.

Nafriandi mengatakan, setiap orang masih ada kemungkinan tertular Covid-19 walaupun menggunakan masker, karena kemampuan masker tidak 100 persen memfiltrasi partikel.

Begitupun dengan penggunaan face shield atau kaca mata, juga masih memiliki celah atau rongga untuk virus masuk ke area mata, hidung atau mulut Anda.

Namun, tingkat risiko terpapar akan jauh lebih tinggi lagi, pada orang-orang yang tidak menggunakan masker atau alat pelindung mulut dan hidung sama sekali. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) tidak merekomendasikan penggunaan face shield maupun goggles sebagai pengganti masker.

Face shield  dirancang untuk melindungi mata dari percikan cairan biologis (partikel dari sekresi respirasi), agen kimia, serta debu. 

"Perlu ditekankan bahwa face shield memiliki gap yang lebar, sehingga tidak mampu memproteksi dari transmisi droplet maupun aerosol, sama halnya dengan goggles hanya diperuntukan untuk melindungi area mata buat pemakainya, namun tidak efektif memproteksi area mulut dan hidung dari droplet,” jelasnya.

Baca juga: 5 Kesalahan Memakai Masker yang Harus Dihindari

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com