Kompas.com - 06/07/2021, 16:32 WIB

KOMPAS.com - Dua astronot China melakukan spacewalk pertama di luar stasiun ruang angkasa baru. Spacewalk ini dilakukan pada hari Minggu, (4/7/2021).

Kedua astronot yang melakukan spacewalk adalah Liu Boming dan Tang Hongbo.

Mereka melakukan spacewalk untuk memasang kamera dan peralatan lainnya, termasuk menguji lengan robot sepanjang 15 meter.

Melalui siaran TV pemerintah China, Liu dan Tang tampak memanjat keluar dari airlock saat Bumi melewati di bawah mereka. Anggota kru ketiga, komandan Nie Haisheng, tetap di dalam.

Baca juga: China Sukses Luncurkan 3 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa Baru

"Liu dan Tang menghabiskan hampir tujuh jam di luar stasiun," kata badan antariksa China seperti dilansir AP News, Senin, (6/7/2021).

Liu menempelkan kakinya ke platform di ujung lengan yang dikendalikan dari jarak jauh yang menahannya saat dia menggunakan bor listrik dan alat lain untuk memasang peralatan.

Misi ini merupakan langkah penting dalam misi luar angkasa China yang ambisius. China sebelumnya telah mendaratkan rover di Mars dan mengirim alat pemeriksa ke bulan.

"Kembalinya astronot Liu Boming dan Tang Hongbo dengan aman ke modul inti Tianhe menandai keberhasilan penuh perjalanan ruang angkasa pertama dalam pembangunan stasiun ruang angkasa negara kita," kata badan antariksa China tersebut seperti dilansir dari Guardian, Senin (5/7/2021).

Tugas mereka termasuk mengangkat kamera panorama di luar modul inti Tianhe. Mereka juga menguji lengan robot stasiun, yang akan digunakan untuk mentransfer modul masa depan di sekitar stasiun.

"Para astronot memasang pijakan kaki pada lengan robot. Lalu dengan dukungan itu, mereka melakukan pekerjaan perakitan lainnya," tambah badan antariksa itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.