Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Delta Menyebar, WHO: Orang yang Sudah Divaksin Harus Pakai Masker

Kompas.com - 27/06/2021, 11:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan orang yang sudah divaksinasi penuh tetap harus menggunakan masker.

Dilansir Forbes, Sabtu (27/6/2021), semua protokol kesehatan termasuk menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan, menghindari kerumunan juga tetap harus dilakukan.

Ini karena varian Delta yang sangat menular dapat memicu lonjakan baru Covid-19 di seluruh dunia, termasuk negara-negara dengan jumlah vaksinasi tinggi.

Baca juga: Waspada Ini Gejala Covid-19 pada Anak yang Terinfeksi Varian Delta

Varian Delta, yang pertama kali diidentifikasi di India telah dinyatakan sebagai varian yang lebih menular daripada jenis virus corona sebelumnya.

Saat ini varian Delta bertanggung jawab atas sekitar 10 persen infeksi virus corona di AS pada 5 Juni 2021.

Varian Delta juga telah menyebabkan lonjakan baru Covid-19 di sejumlah negara seperti Inggris, Australia, dan Israel.

"Penyebaran varian Delta, berarti orang harus mengikuti langkah-langkah kesehatan masyarakat seperti memakai masker, sering membersihkan badan, dan menjaga jarak sosial dengan lebih hati-hati," kata Dr. Michael Ryan, direktur eksekutif Program Darurat Dunia WHO pada konferensi pers Jumat (25/6/2021).

Dia menegaskan, ketegangan varian Delta seharusnya membuat dunia lebih berhati-hati, lebih rajin, dan lebih berdedikasi untuk mengikuti protokol kesehatan.

Penasihat senior WHO, Dr. Bruce Aylward mengatakan orang yang sudah divaksinasi lengkap harus "bermain aman".

Karena bagaimanapun menurut Aylward, orang yang sudah disuntik vaksin dua dosis pun dapat tertular Covid-19.

Dr. Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis WHO untuk Covid-19 mengatakan memang vaksin sangat efektif dalam mencegah penyakit parah dan kematian.

Meski begitu, strain Delta adalah varian berbahaya dan ada konsekuensi terjadi peristiwa besar karena penyebaran varian.

“Menggunakan masker secara konsisten dan mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menghindari keramaian, mencuci tangan, dan berada di ruang yang berventilasi baik sangat penting, bahkan jika Anda telah divaksinasi,” kata Dr. Mariangela Simao, asisten direktur jenderal WHO untuk akses ke obat-obatan dan produk kesehatan.

Dia memperingatkan, vaksin saja tidak akan menghentikan penularan varian Delta.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada hari Jumat bahwa varian Delta yang pertama kali terlihat di India adalah varian yang paling mudah menular dari yang diidentifikasi sejauh ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com