Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Makanan yang Mengandung Biotin, Bagus untuk Rambut dan Kulit

Kompas.com - 10/05/2021, 20:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comBiotin adalah vitamin B7 dan merupakan nutrisi yang secara alami terkandung di dalam beberapa makanan serta tersedia dalam bentuk suplemen. Biotin adalah vitamin larut air yang mengkatalisasi proses metabolisme asam lemak, glukosa, dan asam amino.

Kebanyakan biotin di dalam makanan terkandung dalam protein. Enzim di dalam saluran pencernaan akan memecah biotin di dalam makanan agar bisa diserap tubuh dan disimpan di dalam hati untuk digunakan dalam proses metabolisme.

Biotin dipercaya baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Saat ini, sudah ada beberapa studi yang mendukung pernyataan ini, diantaranya menunjukkan bahwa biotin meningkatkan kesehatan rambut anak dan kesehatan kuku yang rapuh.

Namun, penelitian baru melibatkan sedikit orang. Penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk membuktikan manfaat ini bagi manusia.

Kadar biotin yang diperlukan tubuh

Kadar biotin yang diperlukan tubuh bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin. Dilansir dari National Institute of Health (29/3/2021), kadar biotin yang diperlukan oleh tubuh adalah sebagai berikut. Pada bayi hingga anak berusia 8 tahun, kebutuhan biotin adalah 5-12 mikrogram (mcg). Konsultasikan dengan dokter anak untuk memenuhi asupan nutrisi ini.

Sedangkan pada orang dewasa, kebutuhan harian biotin mencapai 25-30 mcg. Pada ibu hamil dan menyusui, kebutuhan biotin lebih tinggi, yaitu mencapai 35 mcg biotin per hari.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Rambut Rontok agar Tidak Botak

Untuk memenuhi kebutuhan harian biotin Anda, Anda perlu memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Biotin sebenarnya banyak terkandung dalam berbagai makanan dalam kadar yang rendah. Jarang ditemukan kasus kekurangan biotin pada pola makan yang normal.

Dilansir dari Medical News Today (6/12/2019), berikut makanan yang kaya akan kandungan biotin.

Hati sapi

Hati sapi mengandung biotin yang sangat tinggi. Hati sapi seberat 85 gram yang telah dimasak mengandung 30,8 mcg biotin. Dengan memakan ini saja, Anda sudah memenuhi kebutuhan biotin harian Anda. Hati sapi, selain mengandung biotin tinggi, juga mengandung zat besi tinggi yang bermanfaat untuk darah.

Telur ayam

Telur ayam juga merupakan salah satu makanan sumber biotin yang baik. Satu butir telur yang telah dimasak mengamdung 10 mcg biotin.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi altenatif cemilan sehat namun bisa membantu menjadi sumber biotin untuk tubuh Anda. Pada seperempat cangkir kacang almond panggang, terkandung 1,5 mcg biotin, dan pada seperempat biji buga matahari atau kuaci mengandung 2,6 mcg biotin.

Sayur-sayuran

Contoh sayuran yang mengandung biotin adalah bayam dan brokoli yang masing-masing mengandung 0,4-0,5 mcg biotin per setengah cangkir sayuran. Cara terbaik untuk memakan brokoli agar nutrisinya tetap terjaga adalah dengan mengukusnya selama 5 menit, atau ditumis sebentar.

Baca juga: 6 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Produk susu

Susu sapi, keju cheddar, dan yoghurt mengandung biotin 0,2-0,4 mcg per cangkir produk.

Ubi

Ubi juga merupakan makanan yang mengandung biotin. Setengah cangkir ubi yang telah dimasak mengandung 2,4 mcg biotin. Selain biotin, ubi juga kaya akan beta karoten, yang akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin A juga baik untuk kesehatan kulit karena vitamin A berfungsi untuk regenerasi sel kulit.

Itulah daftar makanan yang mengandung biotin. Jadi, makanan yang mana yang akan Anda konsumsi hari ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com