Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2021, 17:35 WIB
Dea Syifa Ananda,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Healthline


KOMPAS.com- Sebagian orang mungkin memiliki pertumbuhan rambut yang cepat, namun terkadang ada pula yang lambat. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan rambut dengan cepat?

Sebenarnya, seberapa cepat rambut tumbuh bergantung pada faktor tertentu.

Di antaranya faktor usia, jenis rambut tertentu, kesehatan secara keseluruhan dan kondisi kesehatan lainnya yang dapat memengaruhi apakah rambut cepat tumbuh atau tidak.

Sains telah menemukan sedikit tentang bagaimana pertumbuhan rambut dikendalikan pada tingkat sel dalam tubuh. Namun, ilmu pengetahuan yang ada tidak cukup mengetahui bagaimana kita dapat secara langsung mempercepat pertumbuhan rambut.

American Academy of Dermatology mengatakan bahwa rambut tumbuh rata-rata sekitar 1-2 cm per bulan dan total keseluruhan sekitar 15 cm per tahun untuk rambut di kepala.

Baca juga: Halo Prof! Bagaimana Menumbuhkan Rambut yang Rontok dan Tipis?

 

Cara menumbuhkan rambut

Dilansir Healthline, Jumat (26/3/2021) rambut terdiri dari keratin dan sel kulit mati.

Kendati tidak ada metode langsung untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat dalam semalam, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat dan panjang di antaranya sebagai berikut:

1. Menjaga vitamin dan nutrisi

Meski banyak produk perawatan rambut yang mempromosikan vitamin atau suplemen untuk pertumbuhan rambut, namun kenyataannya mereka tidak selalu memengaruhi pertumbuhan rambut secara langsung.

Kendati demikian, dibutuhkan banyak energi agar tubuh dapat menumbuhkan rambut dengan cepat. Maka dari itu, kehilangan makanan dan nutrisi seimbang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut.

Baca juga: Apakah Stres Bisa Menyebabkan Rambut Rontok? Begini Mengatasinya

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com