Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2021, 11:07 WIB
The Conversation,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Bagaimana cara kerja insang? - Tully, 7 tahun

Oleh: Culum Brown

PERTANYAAN yang bagus, Tully!

Hewan di darat menghirup udara, yang terbuat dari berbagai macam gas. Oksigen adalah salah satu dari gas-gas tersebut, dan dihasilkan oleh tumbuhan (kita perlu berterima kasih pada tumbuhan).

Semua binatang memerlukan oksigen untuk bertahan hidup.

Ketika udara masuk ke dalam paru-paru, oksigen masuk ke dalam darah kita dan diantarkan ke seluruh bagian tubuh kita. Udara itu ringan, sehingga mudah untuk dipindahkan. Hal ini membuat udara mudah untuk dihirup keluar-masuk.

Ikan mengalami keadaan berbeda. Ikan juga perlu oksigen, tapi alih-alih mendapatkannya dari udara, ikan harus mendapatkannya dari air.

Baca juga: Pemanasan Global, Lautan Menghangat Bikin Ikan Sulit Bernapas, Kok Bisa?

Namun, oksigen dalam air lebih sedikit daripada di udara. Dan yang lebih sulit lagi, air lebih kental daripada udara, sehingga memerlukan usaha lebih banyak untuk memindahkan oksigen di dalamnya. Hal ini membuat masalah menyerap oksigen dengan badan ikan semakin sulit.

Inilah mengapa ikan butuh insang

Ikan tidak bernapas dengan menarik dan mengeluarkan air melalui mulut. Ikan menggunakan sistem satu jalur, mengalirkan air secara satu arah melalui insang mereka.

Air mengalir masuk ke dalam mulut, melewati insang dan keluar melalui opercula (tulang yang melindungi insang mereka).

Namun insang dan paru-paru memiliki lebih banyak kesamaan dari yang kita kira.

Keduanya memiliki area permukaan besar yang meningkatkan jumlah air atau udara yang bersentuhan dengan insang atau jaringan paru-paru, dan juga meningkatkan jumlah oksigen yang tersedia.

Shutterstock Air masuk ke dalam mulut, melalui insang, dan keluar dari sisi yang lain.

Selain itu, dinding paru-paru dan insang sangat tipis dan berisikan tabung-tabung kecil yang mengalirkan darah (disebut “kapiler”).

Baca juga: Sepertiga Populasi Ikan Air Tawar Dunia Terancam Punah, Ini Sebabnya

Hal ini berarti kapiler bersentuhan dengan udara atau air dari luar, dan memungkinkan oksigen masuk melalui dinding tipis dan ke dalam darah. Pada waktu yang sama, karbon dioksida, yang merupakan limbah dari badan kita, bergerak ke luar.

Insang juga penting untuk mengontrol jumlah garam di badan ikan, tapi mari bahas tentang itu di lain waktu.

Culum Brown

Professor, Macquarie University

Artikel ini tayang di Kompas.com berkat kerja sama dengan The Conversation Indonesia. Tulisan di atas diambil dari artikel asli berjudul "Curious Kids: bagaimana cara kerja insang?". Isi di luar tanggung jawab Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com