Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pergi ke Gym Selama Covid-19? Ini yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 06/12/2020, 17:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai, sebagian dari kita mungkin rindu pergi ke gym atau pusat kebugaran.

Namun di sisi lain, ada juga yang khawatir saat berolahraga di dalam ruangan gym justru dapat tertular virus corona Covid-19.

Sejauh ini, bukti ilmiah mengatakan bahwa virus corona SARS-CoV-2 tidak menyebar melalui keringat.

Sebuah studi dari Norwegia yang banyak dikutip tidak menemukan peningkatan infeksi Covid-19 di antara orang yang berolahraga di gym yang secara teratur mencuci tangan dan menjaga jarak.

Jadi, apakah olahraga di gym berarti aman? Belum tentu.

Baca juga: Sudah Nge-gym Tiap Hari, Kok Berat Badan Tidak Berkurang?

Dilansir WebMD, riset di Norwegia itu dilakukan di lingkungan dengan jumlah kasus virus corona yang hanya sedikit.

Oleh sebab itu, jika kita memilih berolahraga di pusat kebugaran yang terletak di zona merah Covid-19, risiko penularan Covid-19 tetap ada.

"Akan ada risiko penularan di tempat-tempat seperti ruang angkat beban dan studi kebugaran yang digunakan kelompok, di mana kedekatan fisik terjadi," kata Grant Baldwin, PhD, salah satu pemimpin CDC'S Community Interventions amd At Risk Task Force, Covid-19 Response.

Jika ingin pergi ke gym, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, baik sebelum pergi, selama di tempat kebugaran, dan setelah selesai berolahraga.

Sebelum pergi gym

Saat memutuskan apakah aman atau tidak untuk pergi ke gym, Baldwin menyarankan agar Anda menanyakan beberapa hal berikut ke diri Anda sendiri:

  1. Apakah Anda tinggal dengan orang lanjut usia di atas 65 tahun atau berisiko sakit parah? Perlu diingat, risiko terkena infeksi Covid-19 meningkat seiring bertambahnya usia dan kondisi medis tertentu.
  2. Apa Anda melakukan protokol kesehatan untuk mencegah infeksi, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak?
  3. Bisakah Anda menjaga jarak minimal satu meter dengan anggota lain di tempat kebugaran?
  4. Seberapa sering Anda berbagi alat? Usahakan jangan berbagi peralatan dnegan orang lain termasuk angkat beban, barbel, gelang resistensi, dan balok yoga. Jika harus berbagi, apakah petugas gym selalu membersihkan dan mendisinfeksi dengan benar peralatan gym?
  5. Bagaimana tingkat penyebaran Covid-19 di lingkungan Anda? Semakin rendah tingkat penularan, semakin aman Anda pergi keluar rumah.

Khloe Kardashian berpose di gym di rumahnya.Instagram @khloekardashian Khloe Kardashian berpose di gym di rumahnya.

Presiden dan kepala sains American Council on Exercise menyarankan untuk mempertimbangkan pengaturan latihan dan ukuran kelas.

Dia mengatakan, untuk saat ini latihan di rumah atau di luar ruangan adalah yang paling aman karena kita tetap dapat menjaga jarak satu meter dengan orang lain.

Baca juga: Ternyata, Bersepeda ke Kantor Sama Efektifnya dengan Nge-gym 5 Kali

Latihan di tempat kebugaran bersama pelatih, satu lawan satu, mungkin aman asal dilakukan dengan mematuhi protokol keamanan Covid-19.

Sementara latihan intensitas tinggi dengan ruang terbatas adalah jenis latihan paling berisiko selama pandemi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com