Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Menstruasi dan Solusinya

Kompas.com - 14/11/2020, 18:07 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Jika Anda membaca artikel ini, Anda pasti pernah atau sedang mengalami penambahan berat badan saat menstruasi. Mengapa hal ini terjadi dan bagaimana solusinya?

Dilansir dari artikel Healthline, 7 Desember 2018, penambahan berat badan selama menstruasi sebetulnya adalah hal yang normal dan merupakan gejala fisik dari sindrom pramenstruasi (PMS).

PMS menimbulkan berbagai gejala, baik fisik maupun emosional, pada wanita selama beberapa hingga dua minggu sebelum menstruasi.

Penyebab

Penambahan berat badan dan kembung, serta rasa sakit di perut adalah gejala umum selama menstruasi. Anda mungkin merasa seperti ini karena sejumlah alasan.

1. Perubahan hormonal

Perubahan hormonal dapat menyebabkan penambahan berat badan dengan meningkatkan retensi air.

Baca juga: 7 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan Menurut Ahli Gizi

Tubuh akan sadar bahwa inilah saatnya untuk mulai menstruasi ketika pada hari sebelumnya, hormon estrogen dan progesteron menurun dengan cepat.

Kedua hormon juga mengontrol cara tubuh Anda mengatur cairan sehingga ketika berfluktuasi, jaringan di tubuh akan menumpuk lebih banyak air dan menyebabkan retensi air atau edema.

Retensi air yang memengaruhi 92 persen wanita ini dapat menyebabkan pembengkakan berbagai bagian tubuh dan meningkatkan berat badan selama sementara waktu.

2. Kembung dan kram perut

Periode kembung atau kram perut juga bisa membuat pakaian terasa ketat dan tidak nyaman. 

Perut kembung disebabkan oleh perubahan hormonal yang meningkatkan gas di saluran pencernaan dan retensi air di perut. Sementara itu, kram perut disebabkan oleh pelepasan prostaglandin oleh rahim yang membuatnya berkontraksi.

Baca juga: Baik untuk Diet, 5 Makanan yang Kenyangnya Tahan Lama

Rasa kembung dapat dimulai lima hari sebelum menstruasi dan berlanjut hingga beberapa hari pertama menstruasi. Kram perut, yang dimulai satu atau dua hari sebelum menstruasi, juga bisa berlangsung selama beberapa hari.

Meski berat badan terasa bertambah akibat perut yang kembung atau kram perut, hal ini bukan penambahan berat badan yang sebenarnya dan akan menghilang dengan sendirinya.

3. Mengidam makanan atau makan berlebihan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com