Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Planet Baru Ditemukan, Ilmuwan Gunakan AI untuk Gali Data NASA

Kompas.com - 31/08/2020, 19:02 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNET,Futurism

KOMPAS.com - Memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), ilmuwan mendapatkan data puluhan planet baru.

Mesin yang mempelajari algoritma baru saja mengkonfirmasi keberadaan 50 planet baru dengan menggali data lama milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA).

Tim dari Universitas Warwick yang memberikan kumpulan data besar yang berasal dari misi Kepler NASA yang saat ini telah dihentikan dan Satelit Survei Planet Luar Angkasa Transit (TESS), serta teleskop luar angkasa yang diluncurkan pada 2018.

Dilansir dari Futurism, Senin (31/8/2020), ilmuwan mengharapkan bahwa penelitian mereka dapat membuka cara baru untuk teknik validasi planet masa depan.

Baca juga: AI Disebut Revolusi dalam Kajian Luar Angkasa, Kok Bisa?

 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah astronomi, tim mengatakan bahwa algoritme AI dapat mengkonfonfirmasi adanya 50 planet baru.

"Algoritme yang dikembangkan memungkinkan kami mendapatkan 50 kandidat planet yang melewati ambang batas dari validasi planet, meningkatkannya menjadi planet nyata," kata David Armstrong, dari departemen fisika, University of Warwick.

Kecerdasan buatan atau AI memberikan kemampuan yang canggih bagi astronom untuk memvalidasi dunia yang jauh.

Menurut Armstrong seperti dilansir dari Cnet, memvalidasi planet dapat membantu ilmuwan mengarahkan sumber dayanya ke tempat-tempat menarik di luar angkasa tanpa membuang-buang waktu di planet "palsu".

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com