Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asteroid 1998 OR2 Akan Melintasi Bumi, Tampak Seperti Pakai Masker

Kompas.com - 26/04/2020, 12:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com – Saat pandemi Covid-19 saat ini, masker jadi salah satu barang paling berharga dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi semua orang di kota-kota besar di Indonesia kini wajib mengenakan masker, meski berupa masker kain buatan rumah.

Alam semesta tampaknya menghormati hal ini. Sebuah asteroid bernama 1998 OR2 akan melintasi Bumi minggu depan, dan teleskop menangkap gambar benda langit tersebut seperti sedang memakai masker.

Mengutip situs BGR, Minggu (26/4/2020), asteroid yang juga dikenal sebagai 52768 itu memiliki ukuran yang cukup besar dengan diameter 1,2 mil. Benda langit tersebut akan melintasi bumi pada Rabu, 29 April 2020.

Baca juga: NASA Akan Selidiki Asteroid Penuh Kandungan Emas

Gambar asteroid seperti mengenakan masker tersebut ditangkap oleh Arecibo Observatory di Puerto Rico.

Asteroid ini tidak akan melintas terlalu dekat dengan Bumi. Jaraknya 3,9 juta mil pada titik yang terdekatnya. Para ilmuwan telah mengambil beberapa gambar asteroid termasuk pada permukaannya.

“Asteroid ini memiliki fitur perbukitan dan bergunung-gunung. Asteroid ini memang tampak seperti mengenakan masker pada salah satu sisinya,” tutur Anne Virki dari Arecibo Observatory.

Baca juga: Viral Video Asteroid Tabrak Gunung Merapi, Ini Penjelasan Lapan

Memahami orbit benda langit seperti asteroid 1998 OR2 memberi prediksi para ilmuwan tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan tingkat akurasi yang tinggi, kita akan tahu benda langit apa saja yang melintas atau menjadi ancaman bagi kehidupan Bumi.

Dengan diameter 1,2 mil, 1998 OR2 bisa menjadi ancaman besar jika orbitnya menghantam Bumi. Sisa tubrukannya jelas akan menghancurkan semua ekosistem di sekelilingnya.

Bisa dibilang selain mengenakan masker, asteroid ini juga mengaplikasikan physical distancing. Teknologi observasi menemukan banyak benda langit yang bisa menjadi ancaman bagi Bumi, namun sampai saat ini, planet kita tercinta cukup beruntung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com