Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Motor Listrik China Mulai Bangun Pabrik di Suryacipta Karawang

Kompas.com - 13/05/2024, 21:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan motor listrik asal China, PT Yadea Teknologi Indonesia, melaksanakan groundbreaking ceremony di kota mandiri besutan PT Suryacipta Swadaya di Karawang, Jawa Barat, Suryacipta City of Industry.

Pabrik manufaktur Yadea di Suryacipta akan menjadi pabrik terbesarnya di Asia Tenggara dan merupakan pabrik perusahaan kedelapan secara global.

Sebelumnya, pada 6 Mei 2024, Yadea telah menandatangani Akta Jual Beli (AJB) dengan Suryacipta untuk membeli kavling industri seluas 27 hektar.

Untuk diketahui, di atas lahan tersebut, Yadea akan membangun fasilitas manufaktur kendaraan listrik roda dua yang dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Fasilitas ini ditargetkan mampu memproduksi tiga juta unit kendaraan per tahun demi memenuhi kebutuhan pasar domestik Indonesia dan ekspor ke negara-negara tetangga seperti Malaysia, Timor Leste, Thailand, dan lainnya.

Baca juga: Surya Semesta Ground Breaking Subang City of Industry September 2020

General Manager Yadea Teknologi Indonesia Wang Jinlong menyampaikan, dimulainya pembangunan pabrik pintar Yadea di Indonesia menandakan globalisasi perusahaan sudah masuk ke langkah yang penting.

"Ini juga adalah janji kami untuk pasar Indonesia yang luas. Pada masa depan, kami akan mendatangkan alat dan teknolog paling canggih dari Yadea, menciptakan pabrik modern, pintar, digital dan ramah lingkungan," ungkap Wang dalam rilis, Senin (13/5/2024).

Wang mengungkapkan, Yadea akan menjadikan pusat riset di Suryacipta City of Industry untuk memenuhi permintaan masyarakat Indonesia.

“Setelah pabrik berdiri nanti diperkirakan akan menciptakan lebih dari 3.000 lapangan kerja baru. Selain itu, Yadea juga akan aktif melatih tenaga ahli lokal baru bersama-sama mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan disini” pungkasnya.

Sementara Vice President Sales dan Marketing Suryacipta Abednego Purnomo menyampaikan rasa bangganya atas kepercayaan yang diberikan Yadea untuk mendirikan pabrik pintarnya di Suryacipta City of Industry.

“Selamat kepada Yadea atas acara groundbreaking ceremony ini. Kami merasa terhormat dapat dipercaya menjadi rumah bagi pabrik manufaktur kendaraan listrik roda dua kelas dunia seperti Yadea,” tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com