BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Alam Sutera

Kapan Saat Tepat Membeli Rumah Impian? Ini Jawaban dan Rekomendasinya!

Kompas.com - 30/04/2024, 13:40 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Membeli rumah merupakan salah satu pencapaian paling monumental dalam hidup. Sebab, hal ini menjadi simbol stabilitas dan keamanan seseorang dalam hal finansial.

Namun, pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk mewujudkan keinginan tersebut?
Sebenarnya, tidak ada formulasi pasti soal waktu tepat membeli rumah. Pasalnya, setiap individu memiliki pertimbangan dan kebutuhan yang berbeda.

Akan tetapi, diberitakan Kompas.com, Jumat (1/3/2024), Head of Advisory Finansialku.com Shierly menyebutkan beberapa kondisi yang bisa menjadi penentunya.

Pertama, sudah memiliki penghasilan yang lebih besar daripada pengeluaran bulanan. Kedua, keuangan tertata dengan rapi. Artinya, calon pembeli paham cara mengelola uang dan tahu secara pasti pengeluaran.

Ketiga, lanjut Shierly, calon pembeli sudah memiliki dana darurat yang cukup. Bila masih lajang, jumlah dana darurat yang dimiliki minimal setara dengan enam kali pengeluaran bulanan. Sementara, bagi calon pembeli yang sudah berkeluarga, besarannya mencapai 12 kali pengeluaran bulanan.

Keempat, jika calon pembeli punya utang, rasionya tidak lebih dari 30 persen dari penghasilan bulanan. Ciri ini berlaku bagi calon pembeli yang ingin membeli rumah secara kredit.

Kelima, calon pembeli sudah memiliki proteksi kesehatan aktif. Tujuannya, untuk melindungi berbagai risiko finansial akibat masalah kesehatan atau meninggal dunia di kemudian hari.

Keenam, Shierly menjelaskan, calon pembeli aktif berinvestasi dengan besaran setidaknya 30 persen dari pendapatan bulanan.

Terakhir, calon pembeli mempunyai uang muka minimal 20-40 persen dari harga hunian yang diinginkan jika membeli secara kredit.

Baca juga: Cassia dari Ayodhya by Alam Sutera, Kluster Impian di Pusat Kota Tangerang

Bila Anda memiliki ciri tersebut, segeralah wujudkan impian untuk memiliki rumah sendiri.
Sebagai pertimbangan, khususnya bagi Anda yang masih bingung menentukan hunian yang akan dibeli, Cassia dari Ayodhya by Alam Sutera dapat dilirik.

Ayodhya By Alam Sutera sendiri merupakan kawasan superblok di jantung Kota Tangerang, Banten, tepatnya di Jalan MH Thamrin. Lokasinya berdekatan dengan pintu Tol Serpong (Tol Jakarta-Merak).

Kawasan yang dibangun di atas lahan seluas 16,6 hektare (ha) tersebut berisi kompleks apartemen, rumah, ruko, dan mal. Salah satunya adalah kluster Cassia.

Kepada Kompas.com, Head Marketing Communication Department Ayodhya by Alam Sutera Erlangga Agusta mengatakan, penamaan Cassia terinspirasi dari rasi bintang “Cassiopeia” yang bersinar terang. Karena itu, kluster ini diharapkan mampu membawa cahaya bagi para penghuninya.

Ayodhya Cassia terdiri dari tiga tipe rumah yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Semuanya terdiri dari dua lantai. Pertama, Aquila (6 x 14 meter) dengan luas tanah 84 meter persegi (m2) dan bangunan 85 m2. Tipe ini memiliki tiga kamar tidur dan kamar mandi dengan jumlah yang sama.

Kedua, Vela (6 x 16 meter). Dengan luas tanah 96 m2 dan bangunan 103 m2, tipe ini punya 3+1 kamar tidur dan 3+1 kamar mandi.

Terakhir, Lyra (7 x 14 meter) yang memiliki jumlah kamar tidur dan kamar mandi yang sama dengan Vela. Dengan luas tanah 98 m2 dan bangunan 115 m2, tipe ini cocok bagi Anda yang menginginkan ruang lebih luas.

Seperti proyek Alam Sutera lain yang mengedepankan green living, Cassia juga melakukan hal yang sama.

Memasuki hunian Cassia, Anda akan langsung disambut dengan suasana modern dan nyaman. Desain interiornya elegan dengan konsep ruang terbuka yang fleksibel. Konsep ini menghadirkan kesan luas dan kehangatan.

Erlangga menekankan bahwa kenyamanan penghuni menjadi fokus utama dalam desain interior rumah di Cassia. Konsep ruang terbuka yang fleksibel diterapkan untuk memaksimalkan fungsi ruang minimalis tanpa mengabaikan kenyamanan.

Konsep green living juga diwujudkan di hunian tersebut dengan menghadirkan taman di area rumah yang berfungsi sebagai area resapan air. Kemudian, ventilasi yang memadai demi kelancaran sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang optimal dalam hunian.

Baca juga: Cassia dari Ayodhya by Alam Sutera, Rumah Impian untuk Ciptakan Momen Hangat Bersama Keluarga

Keamanan terjamin, aksesibilitas mumpuni, fasilitas lengkap

Tinggal di Ayodhya Cassia kian nyaman dan tenang berkat jaminan keamanan, aksesibilitas mumpuni, dan fasilitas lengkap.

Seperti kawasan residensial di Alam Sutera pada umumnya, kluster Cassia juga menerapkan sistem single gate cluster. Kamera CCTV dan pos keamanan pun disediakan. Sementara, di setiap hunian terpasang smart door lock.

Dari segi aksesibilitas, seperti disebutkan sebelumnya, Cassia terletak di Jalan MH Thamrin yang mudah diakses dari berbagai wilayah, seperti pusat Kota Tangerang, Alam Sutera, Serpong, dan BSD.

Kemudahan akses juga didukung oleh pilihan transportasi publik yang memadai, seperti KRL Commuter Line dan kereta bandara melalui Stasiun Batuceper yang bisa ditempuh sekitar 10 menit dari kluster.

Bagi pengguna kendaraan pribadi, Cassia juga mudah dijangkau melalui Tol Jakarta-Merak dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (CBK).

“Infrastruktur di sini sudah terintegrasi ke segala area, termasuk Jakarta. Dulu, orang berpikir Tangerang jauh. Sekarang, Tangerang-Jakarta cukup (ditempuh) 30 menit. Dari sini (Ayodhya) ke Bandara Soekarno-Hatta juga sangat dekat, cukup 20 menit,” ucap Head Sales and Marketing Division Head Ayodhya by Alam Sutera Adeline Permana.

Adeline melanjutkan, Ayodhya by Alam Sutera, termasuk Cassia, pun cocok dijadikan sebagai investasi pun tepat. Sebab, pembangunan infrastruktur di Tangerang dalam lima tahun terakhir berjalan secara pesat sehingga seluruh area terintegrasi dengan baik. Belum lagi dengan rencana pembangunan MRT di masa depan.

“Apalagi, sisi bisnisnya. Tingkat okupansi hotel di sini hampir selalu 100 persen, termasuk saat weekdays. Kalau hotel sudah mulai banyak, artinya business is good,” ujar Adeline.

Guna memudahkan hidup para penghuninya, setiap kluster di Ayodhya by Alam Sutera, termasuk Cassia, dilengkapi dengan sport lounge yang terdiri dari kolam renang dan lapangan basket 3-on-3, serta taman bermain anak.

Fasilitas penting lain, seperti sarana kesehatan, pendidikan, hiburan, dan perbelanjaan, juga tersedia dan mudah diakses.

“Jadi, mau (memenuhi kebutuhan) apa pun mudah karena (di Ayodhya by Alam Sutera) sudah sangat lengkap,” ucap Adeline.

Baca juga: Begini Cara Alam Sutera Hadirkan Kawasan Terpadu Ramah Lingkungan dan Sehat

Berikan promo menarik

Cassia dijual mulai dari harga Rp 2 miliar. Terdapat promo menarik jika membeli pada tahap ini, di antaranya gratis dua unit AC dan iuran pengelolaan lingkungan (IPL) selama dua tahun, serta subsidi akad).

Untuk pembayaran, Cassia menyediakan opsi tunai, KPR dengan uang muka 20 persen, dan KPR dengan uang muka 10 persen untuk KPR Ekspres. Semua pembayaran dapat dilakukan melalui bank apa pun.

Anda yang tertarik dengan hunian di kluster Cassia bisa mengunjungi kantor pemasaran atau menghubungi WhatsApp Ayodhya by Alam Sutera di nomor 081311043838 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com