Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Jumat Ini, Mudik Bisa Lewat Tol Kartasura-Klaten

Kompas.com - 05/04/2024, 09:33 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemudik yang hendak menuju Klaten dan Yogyakarta sudah bisa memanfaatkan Tol Kartasura-Klaten secara gratis.

Hal ini menyusul dibukanya Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Segmen Kartasura-Klaten sepanjang 22 kilometer untuk mudik dan balik Lebaran 2024.

Pada periode mudik Lebaran, ruang fungsional ini dibuka satu arah menuju Klaten/Yogyakarta pada tanggal 5-11 April 2024 pukul 06.00-17.00 WIB.

Sementara pada arus balik, ruas fungsional ini juga dibuka satu arah menuju Tol Trans-Jawa pada tanggal 12-15 April 2024 pukul 06.00-17.00 WIB.

Ruas fungsional ini digadang bisa memangkas waktu tempuh perjalanan Kartasura-Klaten sekitar 50 menit lewat jalan arteri menjadi hanya 25 menit.

PT Jasamarga Jogja Solo selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan untuk berhati-hati ketika melintas.

Baca juga: Diskon Berakhir Jumat Pagi, Sekian Tarif Tol dari Jakarta ke Semarang

Pasalnya, ruas tol ini masih dalam tahap konstruksi meskipun sudah bisa digunakan secara fungsional.

"Kecepatan kendaraan maksimal tidak lebih dari 40 kilometer per jam. Nanti ada rambu-rambu dan petugas Kepolisian. Kami juga memasang CCTV untuk memantau," kata Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo Rudy Hardiasnyah dalam media briefing di Kantor Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024).

Selain itu, Jasamarga juga akan menyediakan kendaraan derek, rescue, ambulans, hingga mobil patroli jalan raya.

"Standar operasional jalan kami siapkan. Jadi ada 11 armada dengan personel sekitar 20 orang yang akan stand by memastikan kelancaran pengguna jalan," imbuh Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com