Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Tujuh Mal Baru Akan Hadir di Wilayah Debotabek

Kompas.com - 08/02/2024, 06:47 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kabar gembira bagi masyarakat yang ada di Kota Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Debotabek). Tahun ini, akan ada tujuh mal baru yang bisa menjadi destinasi hiburan bagi warga. 

Berdasarkan laporan dari Cushman & Wakefield Indonesia, tujuh mal baru tersebut akan berada di area Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Proyek-proyek tersebut adalah AEON Mall Deltamas, Living World Kota Wisata, Living World Grand Wisata, Hampton Square, Eastvara Mall, Markt Lane Sentul, dan Mall at Little Tokyo Jababeka.

“Hadirnya tujuh mal baru ini diharapkan akan memberikan kontribusi sekitar 323.100 meter persegi ruang ritel ke pasar ritel Debotabek,” ungkap Senior Analyst, Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia Victorina Arif.

Baca juga: Tahun Ini, Jakarta Bakal Punya Tiga Mal Baru

Menurutnya, jika semua pusat perbelanjaan tersebut rampung sesuai yang sudah dijadwalkan, total ruang ritel kumulatif di wilayah Debotabek diperkirakan akan mencapai 3.134.000 meter persegi pada akhir 2024.

Selain pusat perbelanjaan ritel biasa, Victorina mengatakan, wilayah Jabodetabek juga akan kedatangan tiga mal outlet baru.

“Akan ada dua mal outlet baru di 2024 yaitu Summarecon Villaggio Outlets dan The Grand Outlet di Karawang serta Jakarta Premium Outlet di Alam Sutera,” paparnya.

Tercatat, pada akhir tahun 2023, wilayah Debotabek melihat penambahan dua pusat perbelanjaan baru di Tangerang, yaitu Indonesia Design District dan Bintaro Xchange 2.

Pembukaan kedua mal ini menambahkan 73.600 meter persegi ruang ritel ke pasar Debotabek.

Baca juga: Pemilik Mal di Surabaya Berencana Naikkan Harga Sewa Ruang Ritel

Secara keseluruhan, ada lima mal baru yang rampung di Debotabek sehingga menambah luas ruang ritel sebesar 137.800 meter persegi.

“Secara tahunan, pasokan kumulatif ruang ritel di Debotabek meningkat sebesar 5,2 persen, dan total pasokan ruang ritel mencapai 2,81 juta meter persegi,” tandas Victorina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com