Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo-Gibran Janji Bangun 3 Juta Rumah

Kompas.com - 04/02/2024, 20:11 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berjanji akan membangun 3 juta rumah di Indonesia.

Program tersebut merupakan bagian dari strategi transformasi bangsa yang diusung Prabowo-Gibran, tujuannya memperbaiki kualitas hidup seluruh rakyat Indonesia.

"Kita juga akan membangun 3 juta rumah untuk mereka yang belum punya rumah," ujar Prabowo dalam acara Debat Kelima Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Minggu (04/02/2024).

Menurut dia, pembangunan 3 juta rumah itu terbagi masing-masing 1 juta di pedesaan, pesisir, dan perkotaan.

"1 juta di pedesaan, 1 juta di pesisir, dan 1 juta di perkotaan," pungkas Menteri Pertahanan itu.

Baca juga: Janji Prabowo-Gibran, Jamin Ketersediaan Rumah Murah bagi Masyarakat

Sebelumnya, Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Panangian Simanungkalit pernah menyampaikan bahwa Prabowo-Gibran memiliki komitmen kuat dalam menaikkan anggaran dalam pengentasan backlog perumahan.

"Keberpihakan Prabowo-Gibran ke desa itu sesuatu yang tidak pernah jadi perhatian pembangunan selama ini. Jadi, pembangunan harus dimulai dari desa termasuk di sektor perumahan," jelasnya dikutip dari keterangan resmi.

Panangian menyebutkan, dari 17 program prioritas yang diusung Prabowo-Gibran, satu di antaranya adalah sektor perumahan.

Program tersebut, yakni menjamin hidup berkualitas terjangkau sanitasi baik untuk masyarakat perdesaan dan perkotaan yang membutuhkan.

Dari 17 program prioritas tersebut, terdapat 8 program hasil terbaik cepat atau best result fast yang akan dilakukan dalam periode 2024 hingga 2029. Adapun sektor perumahan masuk di dalamnya.

"Program sektor perumahan adalah best result fast yang keempat yakni program infrastruktur desa dan kelurahan, bantuan langsung tunai, dan menjamin ketersediaan rumah murah bersanitasi baik bagi yang membutuhkan rumah khususnya kalangan milenial dan gen Z masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," tukas Panangian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com