Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelisik "Wow Factor" di Balik Gemerlapnya Acara-acara Spektakuler

Kompas.com - 28/01/2024, 12:02 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

isyaJAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin Anda ikut menyaksikan peresmian wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran menteri kabinetnya.

Sebanyak 127.000 pengunjung yang menyaksikan pertunjukan spektakuler pada 2 September 2023 tersebut dibuat takjub dan terpukau.

Atraksi dimulai pada pukul 20.49 WIB, di Danau Archipelago TMII. Sorot lampu warna warni turut memeriahkan pertunjukan yang menampilkan gambar dengan suara yang mengisahkan Tirta Cerita.

Baca juga: 4 Gedung di SCBD Jadi Kanvas Video Mapping Gala Dinner KTT ASEAN

Tirta Cerita adalah atraksi dancing fountain yang memadukan teknologi water screen, musik, lighting show serta 300 drone show yang menceritakan dongeng legenda rakyat.

Selain penampilan Tirta Cerita, dan atraksi dancing fountain, terdapat pula penampilan musisi dan tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Lantas, siapa di balik seremoni kemegahan tersebut?

Salah satu yang mendukung kesuksesan acara tersebut adalah PT Syah Kreatif Indonesia. 

Pembukaan revitalisasi TMII, 2 September 2023 yang berlangsung kolosal dan melibatkan ribuan penari.Syah Kreatif Indonesia Pembukaan revitalisasi TMII, 2 September 2023 yang berlangsung kolosal dan melibatkan ribuan penari.
CEO Syah Kreatif Indonesia Ferrisyah menceritakan, jauh sebelum acara berlangsung, pihaknya berkoordinasi, berkomunikasi, dan bersinergi dengan protokoler istana serta pejabat-pejabat negara terkait.

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan off air menjadi salah satu alat berkomunikasi dan berpromosi yang paling ampuh sehingga melekat di benak publik. Terlebih jika acaranya dibuat dengan konsep yang kuat dengan menekankan wow factor

Acara off air spektakuler sejak opening ceremony ASIAN GAMES 2018, makin banyak diminati dan digunakan oleh brand maupun perusahaan pada saat ini.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, TMII Siap Jadi Lokasi Pameran KTT Ke-43 ASEAN

"Aktivitas ini sangat diminati karena efektif untuk meningkatkan brand experience, brand image serta penjualan. Tingginya aktivitas off air event mendorong banyaknya bermunculan jasa Event Organizer atau EO," ungkap Ferrisyah, Jumat (26/1/2024).

Dia melanjutkan, keberhasilan penanganan sebuah kegiatan dilihat dari berbagai aspek, dan sesuai dengan obyektif kegiatan tersebut.

Syah Kreatif Indonesia mengandalkan konsep kreatif, koordinasi efektif saat persiapan, hingga penyelenggaraan kegiatan.

“Selain itu, sebuah penyelenggaraan event harus memiliki wow factor, selain koordinasi yang baik, pelaksanaan yang well managed, pembuatan konsep yang matang, sangat menentukan kesuksesan sebuah acara," ujarnya.

Wow factor yang disebut Ferrisyah dapat diartikan sebagai perasaan senang atau terkejut dari seseorang saat pertama kali melihat sesuatu; biasanya terkait dengan sebuah tontonan atau produk yang bagus atau pengalaman yang tak terlupakan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com