Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Jawaban Basuki saat Diisukan Mundur, Ribuan Kamar Hotel di Bali Tutup, dan WSBP Kebut Suplai Proyek Tol Cimanggis–Cibitung

Kompas.com - 27/01/2024, 08:22 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju diisukan mundur dari jabatannya. Salah satu nama yang disebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Terkait hal ini, Menteri Basuki memilih untuk tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

"Wah," satu kata dari Basuki saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Zainal Fatah juga telah memberi tanggapan soal hal ini.

Zainal Fatah mengaku, dirinya belum mengetahui hal tersebut, bahkan belum bertemu dengan Menteri Basuki sejak pulang dari agenda groundbreaking IKN tahap empat pada Rabu (17/1/2024).

Baca informasi lengkapnya di sini Diisukan Mundur, Basuki Jawab Wah

Selama empat tahun terakhir yakni mulai dari tahun 2020 hingga 2023, sebanyak 1.591 kamar hotel di Bali menghilang akibat adanya penutupan sejumlah hotel.

Berdasarkan laporan Quarterly Pasar Hotel di Bali yang dirilis oleh Colliers Indonesia, meski kehilangan ribuan pasokan kamar, namun dalam kurun waktu yang sama sejumlah 817 kamar hotel juga memasuki pasar.

“Turunnya pasokan kamar hotel membuat daya saing antar hotel yang ada di Bali kian meningkat,” ungkap Colliers.

Meski minim pasokan, para investor masih ada proyek pengerjaan hotel di Bali. Ini secara tidak langsung menunjukkan minat investor yang berkelanjutan.

Colliers mencatat, sepanjang tahun 2023, hanya ada satu hotel yang rampung di Bali yakni Horison Ume Suites & Villa Ubud.

Baca informasi lengkapnya di sini Dalam Empat Tahun Terakhir, Ribuan Kamar Hotel di Bali Tutup

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) sedang mengejar penyelesaian suplai produk untuk berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Salah satu proyek besar yang tengah disuplai adalah Jalan Tol Cimanggis–Cibitung (CCTW) Seksi 2 sepanjang 23,3 km.

“Hingga saat ini total progres suplai Seksi 2 mencapai 89,9 persen," ujar Vice President of Corporate Secretary, Fandy Dewanto dalam keterangan tertulis pada Jumat (26/01/2024).

Untuk mengejar target penyelesaian, WSBP mengerahkan kemampuan sumber daya dari Plant di Jawa Barat yaitu Plant Karawang dan Plant Subang.

Dari plant-plant tersebut, WSBP menyuplai PC-I Girder sebanyak 1.297 batang, PC-U Girder sebanyak 360 batang, Spun Pile sebanyak 537 batang, Half Slab sebanyak 188 buah, dan CCSP sebanyak 14.685 batang serta besi beton sebanyak 40.658.209 kg.

Baca informasi lengkapnya di sini WSBP Kebut Suplai Produk untuk Proyek Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com