Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penataan KSPN Borobudur Berlanjut, Nih Infrastruktur yang Dibangun

Kompas.com - 26/01/2024, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur di Jawa Tengah.

Infrastruktur itu diharapkan dapat mendukung pelestarian cagar budaya, mengubah wajah kawasan, dan meningkatkan kenyamanan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW), Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kuswara menyampaikan, saat ini pihaknya melanjutkan penataan KSPN Borobudur Tahap 2 melalui Penataan Kampung Seni Borobudur dan Museum di Kujon, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Pembangunan yang dilaksanakan pada 2023-2024 ini progresnya telah mencapai 4,3 persen dengan alokasi anggaran sebesar Rp 253,2 miliar.

"Lingkup pekerjaannya antara lain Penataan Kampung Seni Borobudur dan Museum, Penataan Lapangan Olahraga Kujon (Lapangan Pengganti), dan Zona 2-Kawasan Candi Borobudur," jelas Kuswara dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR pada Jumat (26/01/2024).

Baca juga: KSPN Borobudur Butuh Angkutan Lokal Mudahkan Mobilitas Wisatawan

Penataan Kampung Seni Borobudur di Kujon mencakup area seluas 10,74 hektar.

Dengan lingkup kegiatan yaitu pembangunan pasar seni cinderamata, kuliner, parkir kendaraan dan akses point, ruang kreatif, pusat pelatihan kriya seni, panggung seni budaya, shuttle service/wira-wiri, toilet, musala, dan penataan lansekap.

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah melakukan Penataan KSPN Borobudur Tahap 1 yang dimulai pada Oktober 2020 dan selesai pada Desember 2021, dengan anggaran sebesar Rp 119,5 miliar.

Lingkup kegiatannya meliputi penataan Gerbang Penanda kawasan, yaitu Gerbang Palbapang (Gerbang Singa), Gerbang Blondo (Gerbang Kalpataru), Gerbang Kembanglimus, penataan Concourse dan Plaza Candi Borobudur, serta penataan Aksis Budaya Mendut-Pawon-Borobudur.

Pada Tahap I ini, dilakukan pula pembangunan SPAM KSPN Borobudur berkapasitas 100 liter/detik yang melayani 12 desa, di Magelang, Jawa Tengah. SPAM ini memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat sekitar area KSPN Borobudur.

Selain itu, terdapat pembangunan TPS3R pada 12 desa di Magelang yang dilaksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) pada Juni hingga Oktober 2020.

"Pembangunan TPS3R ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kebersihan dan pembinaan pengelolaan persampahan secara baik dan berwawasan lingkungan di KSPN Borobudur," pungkas Kuswara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com