Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Akhir 2023, Surabaya Punya Ribuan kamar Hotel Bintang 5

Kompas.com - 21/01/2024, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir tahun 2023, kota Surabaya, Jawa Timur, tercatat memiliki 14.551 kamar hotel yang dapat ditempati.

Data tersebut merujuk kepada laporan Semi Annual II Kondisi Pasar Properti yang dirilis oleh Colliers Indonesia, Januari 2024.

Dari 14.551 kamar yang tersedia, 5.780 kamar di antaranya merupakan hotel bintang 3. Sedangkan 5.452 kamar masuk dalam kategori hotel bintang 4. Kemudian 3.319 kamar yang tersisa merupakan hotel bintang 5.

Baca juga: Sudah Ada Enam Hotel yang Dibangun di IKN, Apa Saja?

Dikatakan, mulai dari awal pandemi hingga saat ini (2020-2023), beberapa hotel telah tutup. Sementara beberapa lainnya telah sudah melakukan rebranding.

Salah satunya adalah POP! Hotel Haris Gubeng Surabaya yang berubah nama menjadi Harris Hotel & Conventions Gubeng–Surabaya.

Harris Hotel merupakan hotel bintang 4 yang tercatat memiliki 154 kamar. Rebranding hotel ini diketahui selesai pada paruh kedua tahun 2023.

Baca juga: Konglomerat Sukanto Tanoto Beli Hotel Mewah di China

Sedangkan pasokan baru pada akhir tahun 2023 datang dari hotel bintang Whiz Luxe Hotel, yang berada di Surabaya Barat. Hotel ini meliputi 143 kamar.

“Beberapa tahun terakhir, kawasan Surabaya Barat telah menjadi pusat pertumbuhan yang sedang berkembang meskipun ketersediaan lahan di tengah kota cukup terbatas,” ungkap Colliers.

Sejak tahun 2019 hingga 2023, setidaknya ada empat hotel baru mulai beroperasi di wilayah Surabaya Barat.

Daerah ini menjadi populer karena memiliki kemudahan akses menuju dan dari jalan tol dekat dengan wilayah industri seperti Gresik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com