Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahai Perusahaan, Segini Harga Sewa Ruang Kantor di Surabaya

Kompas.com - 15/01/2024, 19:06 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi perusahaan yang ingin menyewa ruang kantor di Surabaya, penting untuk mengetahui besaran harga sewa yang harus dibayar.

Ini sangat penting dilakukan agar tak hanya memiliki ruang kantor yang sesuai dengan kebutuhan namun juga anggaran yang tersedia.

Merujuk laporan Kondisi Pasar Properti Kuartal IV 2023 yang dirilis oleh Colliers Indonesia, terlihat harga sewa ruang kantor di Surabaya yang paling tinggi ada di Surabaya Timur.

Baca juga: Usai Pemilu, Kondisi Sektor Perkantoran Diprediksi Kembali Membaik

“Berdasarkan area, tarif sewa kantor di Surabaya Timur itu cukup tinggi karena memang ada gedung kantor di situ yang memang premium,” jelas Head of Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto.

Dalam laporan itu, disebutkan rata-rata harga sewa ruang kantor di Surabaya Timur mencapai Rp 200.000 per meter persegi. Sementara di Surabaya Barat biayanya Rp 150.000 per meter persegi.

Harga sewa yang ditawarkan oleh pemilik gedung kantor di Surabaya Tengah dan Surabaya Selatan tidak jauh berbeda, yakni berkisar Rp 120.000 hingga Rp 140.000 per meter persegi.

Untuk menyewa ruang kantor dengan harga terjangkau, Anda bisa memilih area Surabaya Utara dengan rata-rata harga sewa mencapai Rp 100.000 per meter persegi.

Baca juga: Tingkat Hunian Ruang Kantor di Surabaya Mendekati Sebelum Pandemi

Namun karena tingkat hunian masih rendah, Ferry mengatakan beberapa pemilik gedung masih memberikan promo-promo yang cukup agresif.

“Misalnya sewa setahun dapat gratis satu tahun atau harga sewa tetap sepanjang jangka waktu sewa. Karena itu, para penyewa masih sangat mungkin mendapatkan kesepakatan harga sewa jauh di bawah rata-rata,” tukas Ferry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com