Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Hadi Tjahjanto Bidik Penetapan 100 Kota Lengkap

Kompas.com - 11/01/2024, 12:25 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto akan menggenjot jumlah penetapan Kabupaten/Kota Lengkap di Indonesia pada tahun 2024.

Untuk diketahui, Kabupaten/Kota Lengkap merupakan kabupaten/kota yang seluruh bidang tanahnya telah terdaftar, terpetakan, dan bersertifikat.

Hadi menyampaikan, sejauh ini telah ditetapkan 13 Kabupaten/Kota Lengkap. Namun, jumlah itu tidak sebanding dengan capaian tanah terdaftar 110,5 juta bidang.

"Kalau kita perbandingkan 110,5 (juta bidang tanah terdaftar), seharusnya kita sudah menjadikan Kota Lengkap itu 400 kota," ujarnya dalam acara Coffee Morning Bersama Menteri ATR/Kepala BPN yang disiarkan kanal Youtube Kementerian ATR/BPN pada Kamis (11/01/2024).

Baca juga: Resmi! Sibolga Jadi Kota Lengkap Pertama di Sumatera Utara

Untuk itu, dia menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk bekerja lebih keras lagi dan mewujudkan target 100 Kabupaten/Kota Lengkap pada tahun 2024.

"Namun kan masih 13 (Kabupaten/Kota Lengkap), oleh sebab itu kita tentukan bahwa tahun 2024 kita kerja keras menetapkan 100 Kota Lengkap," tuturnya.

"Target kita saya ulangi, 100 kota lengkap. Saya akan turun ke lapangan setiap minggu untuk memberikan semangat," tegas Hadi.

Adapun 13 Kabupaten/Kota Lengkap yang dimaksud antara lain, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Surakarta, Tegal, Madiun, Yogyakarta, Bontang, Denpasar, Badung, Metro, serta Bogor.

Manfaat dari Kabupaten/Kota Lengkap seperti memberikan kepastian hukum hak atas tanah, meminimalisir sengketa dan konflik pertanahan, serta menutup ruang gerak mafia tanah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com