Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Rp 600 Miliar, CHL Group Bakal Menggebrak dengan Lima Proyek

Kompas.com - 30/12/2023, 07:16 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2024 dipandang dengan optimistis oleh pelaku industri properti. Tidak saja karena memberikan peluang besar guna memenuhi kebutuhan backlog 12,71 juta rumah tangga, melainkan pasar lokal yang kembali bergairah pasca-pandemi.

Lokalitas pasar, sebagai sifat inheren yang melekat pada bisnis dan industri properti, dipahami betul oleh Cipta Harmoni Lestari (CHL) Group, anak perusahaan dari konglomerasi Harita Group, sebagai kekuatan pasar domestik.

Oleh karena itu, perusahaan pengembang ini telah menyiapkan sejumlah strategi untuk terus bergerak dinamis. Salah satunya dengan mempersiapkan anggaran senilai Rp 600 miliar sebagai belanja modal 2024.

Dana sebesar ini dialokasikan untuk membiayai lima proyek properti. Empat di antaranya merupakan hunian dan communal space di kawasan Jadebotabek, dan satu lainnya hotel butik berkonsep resor di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Habis Terjual Dalam 14 Bulan, Serah Terima Mazenta Residence Lebih Cepat dari Jadwal

Project CEO CHL Group Andreas Audyanto memaparkan milestone perusahaan kepada Kompas.com, Jumat (29/12/2023).

"Dari empat proyek tersebut, satu proyek direalisasikan pada Kuartal I-2024, dan tiga lainnya pada Kuartal IV-2024," ungkap Audyanto.

BSD City Serpong, imbuh dia, merupakan salah satu kawasan yang akan digarap. Perusahaan akan mengembangkan hunian eksklusif kelas menengah

"Kendati posisinya di jantung BSD City, namun harga rumahnya masih di bawah Rp 5 miliar per unit," cetus Audyanto.

Adapun konsep yang diterapkan, berbeda dengan portofolio sebelumnya, yakni mengakomodasi kebutuhan gaya hidup pasca-pandemi.

Baca juga: Juli 2022, Konsumen The Sanctuary Collection Fase 1 Bisa Huni Rumah

"Connecting home with nature adalah fislosofinya. Eco-culture dan eco-friendly. Untuk merealisasikan proyek ini, kami menggandeng arsitek ternama," ucapnya.

Karakteristik konsep yang berbeda akan diterapkan pada masing-masing empat proyek lainnya. Termasuk hotel butik yang akan dimulai pembangunannya pada 2025.

Hotel yang berlokasi di Kawasan Batu Cermin, salah satu destinasi wisata di Labuan Bajo, ini diharapkan mulai beroperasi pada 2026.

Adapun untuk mendukung terealisasinya rencana-rencana tersebut, CHL Group akan memperkuat struktur permodalan. Jika sebelumnya hanya mengandalkan ekuitas, CHL Group juga akan memanfaatkan fasilitas kredit perbankan.

"Komposisinya sekitar 50 persen:50 persen antara ekuitas dan kredit perbankan," tuntas Audyanto.

Untuk diketahui, CHL Group telah menjejakkan rekam portofolio industri properti sejak tahun 2015. Proyek yang telah dibangun adalah The Sanctuary Collection Sentul, Banara Serpong, Marchand Hype Station, dan Mazenta Residence.

Hingga kini, CHL Group menguasai land bank seluas 190 hektar yang tersebar di Kawasan Jadebotabek dan Labuan Bajo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com