Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kartasura-Karanganom Dibuka Sementara Mulai 22 Desember 2023

Kompas.com - 20/12/2023, 17:20 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) akan mengoperasikan secara fungsional atau membuka sementara Ruas Kartasura-Karanganom yang merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo.

Pengoperasian sementara tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan arus Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Utama PT JMM Suchandra P Hutabarat menjelaskan, pengoperasian jalur fungsional Ruas Kartasura-Karanganom dilakukan pada periode arus mudik 22 Desember 2023 hingga 31 Desember 2023 dan arus balik periode 1 Januari-3 Januari 2024.

Jalur fungsional Kartasura-Karanganom hanya dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik.

Baca juga: Tarif Tol Trans-Jawa Didiskon 10 Persen Selama 3 Hari, Catat Tanggalnya

Karakteristik jalur fungsional ini sudah berupa konstruksi rigid pavement dan hanya sejumlah titik yang masih berupa lean concrete dari total sepanjang 13 kilometer dengan jam operasional mulai pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

"Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda empat Golongan I non-bus dan non-truk, tidak diperuntukan bagi kendaraan-kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 kilometer per jam," jelas Suchandra kepada Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Suchandra menjelaskan, Ruas Kartasura-Karanganom sudah terkoneksi dengan Tol Trans-Jawa Ruas Solo-Ngawi. Sementara dengan Tol Solo-Bawen masih dalam tahap konstruksi.

Dari arah Tol Solo-Ngawi, pengendara yang hendak menuju Yogyakarta bisa memasuki ruas Kartasura-Karanganom melalui akses Gerbang Tol (GT) Colomadu untuk periode mudik tanggal 22-31 Desember 2023. 

Baca juga: Hari Ketiga Libur Natal-Tahun Baru, Lalin Tol Trans-Jawa Ramai Lancar

Sementara itu, dari jalan nasional, pengendara dengan tujuan Surabaya/Semarang ataupun Yogyakarta bisa mengakses GT Banyudono.

Jika sebelumnya pengguna jalan yang menuju arah Yogyakarta harus belok kiri menuju jalan nasional Solo-Semarang ke arah Tugu Kartasura, kali ini bisa lurus untuk masuk ke jalur fungsional ini.

Adapun pada periode arus balik 1-3 Januari 2024, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari Karanganom-Kartasura.

Kendati jalur fungsional yang dioperasikan satu arah, JMM telah mengantisipasi lonjakan arus kendaraan yang diprediksi tiga kali lipat lebih banyak ketimbang perhelatan mudik dan balik Idul Fitri 2023, yakni sebanyak 15.000 kendaraan.

Langkah antisipatif yang dimaksud adalah mempersiapkan sarana dan prasarana, di antaranya fasilitas tambahan dan kendaraan operasional, seperti SPBU Portable, Mobile Customer Service (MCS), CCTV, derek gratis, ambulans, rescue, dan Patroli Jalan Raya (PJR).

Kemudian, Pos Pantau Siaga sebagai tempat parkir darurat kendaraan yang mengalami kendala.

Pos Pantau Siaga juga dilengkapi dengan toilet portabel dan stok BBM kemasan. Selain itu, PT JMM juga telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan, seperti batas kecepatan, penunjuk arah, dan batas jalan.

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Tol Kartasura-Karanganom Dibuka Pukul 06.00-17.00 WIB

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com