BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Minat Investasi pada Sektor Apartemen Makin Tinggi, Ini Alasannya

Kompas.com - 19/12/2023, 11:20 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Investasi pada sektor properti, khususnya apartemen, masih menjadi salah satu pilihan populer di Indonesia.

Berdasarkan Rumah.com Indonesia Property Market Report Q2 2023, minat konsumen terhadap apartemen, khususnya kota besar seperti DKI Jakarta, mengalami peningkatan pada kuartal I 2023. Indeks permintaan terhadap apartemen naik sebesar 13,4 persen ketimbang kuartal sebelumnya. Khusus wilayah Jakarta, laporan itu menyebutkan bahwa terjadi perubahan minat dari rumah tapak ke apartemen.

Adapun laporan “Colliers Radar: Are TOD Apartments More Desirable?” pada 2022 menunjukkan bahwa apartemen berkonsep kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD) juga semakin diminati.

Hal itu ditunjukkan peningkatan angka penjualan apartemen TOD yang mencapai 10,3 persen pada akhir 2022 ketimbang tahun sebelumnya. Sebagian pembeli apartemen jenis itu, menurut laporan Colliers, merupakan investor.

Minat tinggi investor pada apartemen bukan tanpa sebab. Setidaknya, lima hal ini menjadi alasan apartemen kian diminati. Berikut adalah ulasannya.

Baca juga: Mengenal Township, Hunian di Kawasan Terpadu dengan Fasilitas Lengkap

1. Nilai jual yang cenderung meningkat

Nilai jual apartemen cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Rumah.com Indonesia Property Market Report Q2 2023 menyebutkan bahwa indeks harga properti nasional pada kuartal pertama 2023 naik 1,7 persen secara kuartalan dan 7,1 persen secara tahunan.

Khusus apartemen, indeks harga properti naik 0,9 persen secara kuartalan dan 2,5 persen secara tahunan. Diberitakan Kompas.id, Rabu (5/4/2023), pasar apartemen, terutama di DKI Jakarta, diprediksi mengalami kenaikan harga hingga 2-3 persen sampai 2025.

Salah satu faktor pendorongnya adalah perkembangan infrastruktur moda raya transportasi (MRT) dan kereta api ringan (LRT) yang akan memicu permintaan hunian vertikal TOD.

2. Selalu ada permintaan

Di samping nilai jual, apartemen juga selalu memiliki peminat. Karena itu, permintaan jenis properti ini mengalami peningkatan. Sejumlah faktor yang mempengaruhi peningkatan permintaan meliputi pertumbuhan penduduk, mobilitas masyarakat yang tinggi, keterbatasan lahan untuk rumah tapak, serta gaya hidup urban yang praktis dan efisien.

Dilansir dari Kontan.co.id, Selasa (27/6/2023), dalam lima tahun terakhir, permintaan apartemen didominasi oleh generasi milenial dan Z. Khusus gen Z, permintaan apartemen tumbuh sejak 2021, yakni 4,99 persen dan pada 2022 meningkat lagi sebesar 11,68 persen.

Karena tak pernah sepi peminat, investasi apartemen berpotensi mendatangkan cuan, baik dari hasil penjualan kembali atau sewa unit.

3. Fasilitas lengkap

Kawasan apartemen umumnya sudah dilengkapi berbagai fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan serta kenyamanan penghuninya. Keunggulan ini menjadi salah satu alasan bagi seseorang lebih meminati apartemen ketimbang rumah tapak.

Fasilitas yang tersedia dalam apartemen umumnya meliputi kolam renang, taman bermain anak, pusat kebugaran, kafe, minimarket, restoran, penatu, parkir, dan keamanan. Semua fasilitas tersebut dihadirkan agar penghuni tidak perlu repot keluar kawasan apartemen untuk mencari apa yang mereka butuhkan.

Selain itu, beberapa apartemen juga menawarkan fasilitas tambahan yang lebih mewah dan eksklusif, seperti sky lounge, sky garden, jacuzzi, sauna, spa, bioskop mini, dan ruang serbaguna.

Fasilitas-fasilitas tersebut menjadi daya tarik bagi seseorang untuk tinggal di apartemen.

4. Potensi cuan dari sewa apartemen

Selain peningkatan nilai tiap tahun, investasi di apartemen juga dapat mendatangkan penghasilan jika disewakan. Terlebih, seperti yang telah disinggung, peminat apartemen, khususnya dari gen Z, mengalami peningkatan.

Riset dari perusahaan real estat global, Cushman and Wakefield, pada 2022 mengemukakan bahwa gen Z memengaruhi pasar persewaan apartemen. Pasalnya, generasi ini lebih menyukai tempat tinggal yang praktis dengan jangka waktu sewa yang fleksibel.

Adapun 99 Group mencatat bahwa permintaan sewa apartemen pada kuartal I 2023 mengalami peningkatan 46 persen secara kuartalan. Hal ini disebabkan oleh minat masyarakat yang ingin tinggal di pusat kota.

5. Lokasi strategis

Alasan selanjutnya adalah lokasi apartemen yang strategis. Seperti diketahui, kebanyakan apartemen dibangun di kawasan-kawasan strategis, seperti pusat bisnis. Sebagian besar apartemen juga dibangun di dekat pusat kota. Hal ini memudahkan penghuni untuk mengakses tempat kerja yang biasanya di pusat kota.

Karena lokasinya yang strategis, aksesibilitas baik dari maupun ke apartemen menjadi mudah. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya transportasi. Lokasi apartemen yang strategis juga bisa meningkatkan nilai apartemen. Dengan demikian, harga jual kembali ataupun sewanya pun bisa menjadi tinggi.

Itulah lima faktor yang membuat apartemen kian diminati. Kelima hal itu juga dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin berinvestasi di apartemen.

Adapun produk-produk apartemen dari Sinar Mas Land bisa Anda lirik untuk investasi properti. Sinar Mas Land punya berbagai produk apartemen yang tersebar di sejumlah kota besar. Semua apartemen tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas unggulan yang akan memanjakan penghuninya.

Berikut apartemen dari Sinar Mas Land yang bisa Anda pertimbangkan.

Baca juga: Mengulik Konsep Kawasan Industri di Cikarang yang Terintegrasi dengan Kota Mandiri

  • Aerium Residences

Jika ingin memiliki unit apartemen di DKI Jakarta, Anda dapat melirik Aerium Residences yang berada di kawasan prestisius Taman Permata Buana, Kembangan, Jakarta Barat.

Apartemen tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, seperti kafe, restoran, minimarket, toko obat, dan salon yang ada di deretan ruko komersial.

properti yang ada pada Aerium Residences.Dok. Sinar Mas Land properti yang ada pada Aerium Residences.

Kemudian ada juga fasilitas olahraga, seperti pusat kebugaran, jogging track dan kolam renang. Kolam renang apartemen ini terdiri dari empat area yaitu, kolam renang utama, kolam renang standar aquatic, kolam renang dalam ruangan, dan kolam renang untuk anak-anak.

Selain itu, Anda yang memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing, sangat cocok tinggal di apartemen ini karena Aerium Residences punya fasilitas yang dog-friendly.

Terkait akses, Aerium Residences hanya butuh waktu 10 menit ke pusat bisnis Jakarta Barat, 25 menit ke Bandara Soekarno-Hatta, dan 30 menit ke pusat bisnis Jakarta Pusat.

  • Casa De Parco

Bagi yang ingin memiliki apartemen di kawasan terletak BSD City, Tangerang, Banten, apartemen Casa De Parco adalah jawabannya. Apartemen ini merupakan paduan sempurna dari hunian modern dan nuansa keasrian alam.

Casa de Parco terdiri dari 4 gedung apartemen yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas unggulan, seperti sky terrace, sky lounge, kolam renang, jogging track, gym, function room, dan children playground.

penampakan properti pada salah satu unit di Casa De Parco.Dok. Sinar Mas Land penampakan properti pada salah satu unit di Casa De Parco.

Soal keamanan, Anda tak perlu khawatir karena Casa de Parco dilindungi selama 24 jam dan telah dilengkapi dengan CCTV. Penghuni juga diberikan kartu akses sehingga lingkungan lebih aman.

Apartemen tersebut juga tergolong nyaman karena berada di tengah kawasan Biomedical Campus dan terletak tak jauh dari AEON Mall BSD.

Untuk akses, Casa De Parco hanya berjarak 5 menit ke Universitas Atma Jaya dan Universitas Prasetya Mulya. Apartemen ini juga dekat dengan Jalan Tol Serbaraja yang tengah dibangun.

  • Klaska Residence

Klaska Residence merupakan resor apartemen di pusat Kota Surabaya, Jawa Timur. Apartemen ini berada di lokasi strategis karena dikelilingi pusat pendidikan, perbelanjaan, perindustrian, fasilitas kesehatan, dan akses mudah ke jalan tol.

salah satu tampilan unit yang ada pada Klaska Residence.Dok. Sinar Mas Land salah satu tampilan unit yang ada pada Klaska Residence.

Klaska Residence dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti infinity pool, jacuzzi, sauna, sky jogging track, kids playground, private library, sky garden, dan movie room. Di setiap unit juga diberikan bonus tambahan smart unit system.

  • Nuvasa Bay

Apabila ingin memiliki unit apartemen di luar Pulau Jawa, Anda bisa mempertimbangkan membeli unit di Nuvasa Bay, Batam.

Nuvasa Bay adalah hunian ala resor yang berada di kawasan Nongsa dan merupakan salah satu hunian mandiri yang sangat menjanjikan di Batam.

Pemandangan dari salah satu unit di Nuvasa Bay.Dok. Sinar Mas Land Pemandangan dari salah satu unit di Nuvasa Bay.

Pada apartemen tersebut, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Nongsa, pemandangan hutan bakau, dan pemandangan megah dari lapangan Palm Springs Golf yang ada di Nuvasa Bay.

Dari segi aksesibilitas, Nuvasa Bay juga berada di lokasi strategis karena dekat dengan Pelabuhan Nongsa. Melalui pelabuhan tersebut, Anda dapat menyeberang ke Singapura hanya dalam waktu kurang dari 1 jam dengan menggunakan kapal feri.

Baca juga: Minat Memiliki Hunian di Kalangan Milenial dan Gen Z Meningkat, Pilih Rumah atau Apartemen?

Adapun salah satu unit unggulan yang ada di apartemen tersebut adalah The Nove yang merupakan klaster presidensial pertama di Nuvasa Bay dan terdiri dari tiga menara apartemen dan landed house. Terkait fasilitas, apartemen The Nove didukung fasilitas gimnasium, infinity pool, dan fasilitas pendukung lain.

Sebagai informasi, saat ini, Sinar Mas Land tengah mengadakan promo Smart Move untuk setiap pembelian unit apartemen. Melalui promo tersebut, Anda akan dibantu untuk melunasi pembayaran down payment (DP) hingga 15 persen.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan cashback sebesar Rp 150 jutaan untuk setiap pembelian unit apartemen.

Sebagai catatan, promo tersebut berlaku jika Anda melakukan pembayaran melalui bank yang bekerja sama dengan Sinar Mas Land, seperti BCA, CIMaB Niaga, Permata Bank, Mandiri, Danamon, OCBC NISP, Maybank, Bank Sinarmas, BNI, BRI, Bank BTN, Bukopin, UOB, BSI, Panin, Commonwealth, CCB Indonesia, Bank Woori Saudara (BWS), dan Bank INA.

Promo Smart Move sendiri berlaku mulai dari Minggu (1/10/2023) hingga Minggu (31/12/2023). Jadi, jangan sampai kelewatan.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi situs resmi Sinar Mas Land, e-catalog, atau hubungi 021-53159000.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com