Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2023, 21:14 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) garapan Konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) ditarget bisa tutup atap pada kuartal I-2024.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono dalam media briefing di Media Center Indonesia Maju, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

"Mereka kuartal pertama tahun depan sudah ditargetkan topping off," tutur Bambang.

Sementara dilaporkan per awal Desember 2023, progres proyek garapan investor swasta dalam negeri tersebut telah mencapai 35 persen.

Adapun Konsorsium ASG  terdiri dari 10 taipan besar yang kerap disebut naga.

Meliputi, ASG milik Sugianto Kusuma (Aguan), Salim Group milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulau Intan milik Pui Sudarto, Djarum milik Budi Hartono.

 Baca juga: Mungkinkah Mewujudkan Konsep Forest City yang Smart di IKN Nusantara?

Kemudian Wings Group milik William Katuari, Adaro milik TP Rahmat/Boy Tohir, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, dan Astra milik Soeryadjaya.

Dengan total nilai investasi Rp 20 triliun, Konsorsium ASG akan membangun proyek mixed-use yang mencakup pusat perbelanjaan, hotel, hingga perkantoran.  

Sejauh ini realisasi investasi di IKN sudah mencapai Rp 35 triliun. Terwujud melalui groundbreaking proyek yang telah dilaksanakan pada periode September dan November 2023.

Pada Desember ini, direncanakan groundbreaking proyek tahap ketiga dengan perkiraan nilai investasi mencapai Rp 10 triliun, sehingga total investasi swasta tahun 2023 bisa mencapai Rp 45 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com