BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Minat Memiliki Hunian di Kalangan Milenial dan Gen Z Meningkat, Pilih Rumah atau Apartemen?

Kompas.com - 04/12/2023, 19:03 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minat kaum milenial dan gen Z terhadap kebutuhan hunian, seperti rumah tapak dan apartemen, masih tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan pencarian hunian di internet.

Berdasarkan 99 Group Property Outlook 2023, jumlah generasi Z dengan rentang usia 18-24 tahun yang melakukan pencarian properti di internet mengalami peningkatan sebesar 2,6 persen dari 19,4 persen menjadi 22 persen pada 2022.

Selanjutnya, generasi milenial di rentang usia 25-34 tahun berkontribusi sebanyak 26,4 persen terhadap pencarian properti di internet pada 2022.

Adapun rumah tapak masih mendominasi pencarian hingga 80 persen dari total seluruh jenis properti.

Masih berdasarkan laporan yang sama, hunian properti dengan harga kurang dari Rp 400 juta masih mendominasi pencarian di internet, yakni sebanyak 23,1 persen. Kemudian, disusul hunian seharga Rp 1-2 miliar sebanyak 20 persen dan hunian seharga Rp 2-3 miliar sebanyak 10,2 persen.

Baca juga: Generasi Muda Dukung Gaya Hidup Berkelanjutan, Ini Faktor Pertimbangan Memilih Hunian

Laporan tersebut juga menemukan bahwa minat yang tinggi di generasi milenial dan Z tidak diikuti dengan edukasi terkait kepemilikan hunian. Alhasil, mereka kerap kebingungan dalam mendapatkan informasi seputar hunian.

Salah satu kebingungan yang dialami generasi muda adalah memilih antara rumah tapak atau apartemen. Sebagai pedoman singkat, Kompas.com merangkumkan kelebihan rumah tapak dan apartemen. Simak ulasan berikut.

1. Rumah tapak

Rumah tapak menjadi salah satu jenis properti yang paling dicari ketimbang jenis properti lain. Hal ini beralasan mengingat jenis hunian ini memiliki kelebihan yang tak dipunyai apartemen.

Pertama, rumah tapak biasanya memiliki minimal dua kamar sehingga cocok untuk keluarga. Hunian ini juga memiliki pekarangan yang dapat digunakan untuk berkebun atau aktivitas lain.

Kedua, rumah tapak dapat direnovasi sesuai keinginan dan kebutuhan. Sebagai contoh, halaman belakang bisa dibuat kamar baru.

2. Apartemen

Jika ingin tinggal lebih dekat pusat kota, apartemen bisa menjadi pilihan. Sebab, hunian ini umumnya berada lokasi strategis, seperti dekat dengan akses transportasi publik, pusat kota, atau jalan tol.

Oleh karena itu, apartemen biasanya dipilih generasi muda yang ingin dekat dengan tempat bekerja dan tidak ingin repot terjebak kemacetan.

Baca juga: Masih jadi Primadona, Ini Karakteristik Rumah Tapak yang Jadi Idaman Milenial

Meski tak memiliki halaman seperti rumah tapak, apartemen tetap dapat memberikan kenyamanan kepada penghuninya. Sebab, hunian vertikal ini memiliki desain ruangan yang dibuat secara kompak dan fungsional. Penghuni dapat merasa nyaman saat berada di dapur, ruang tamu, serta kamar minimalis. Hal tersebut juga memudahkan penghuni dalam menata dan membersihkan ruangan.

Ilustrasi apartemen.DOK. Sinar Mas Land Ilustrasi apartemen.

Apartemen juga biasanya menawarkan keamanan berlapis. Penghuni tidak perlu pula memusingkan urusan keamanan selama tinggal di apartemen. Pasalnya, apartemen umumnya memiliki sistem keamanan maksimal berupa pemantauan CCTV selama 24 jam serta petugas keamanan di beberapa titik lokasi.

Selain itu, apartemen yang bagus juga biasanya menawarkan fasilitas lengkap dan memanjakan penghuninya, seperti kolam renang, ruang gym dan spa, laundry, parkir, serta layanan kebersihan.

Itulah gambaran sekilas tentang rumah tapak dan apartemen. Kedua jenis hunian ini memiliki kelebihan masing-masing yang dapat Anda pilih. Jika ingin memiliki berada di pusat kota, Anda bisa mempertimbangkan apartemen.

Sementara itu, Anda dapat menimbang tinggal rumah tapak jika ingin memiliki hunian yang dapat menampung keluarga dengan nyaman.

Setelah menentukan jenis hunian, Anda perlu pula memperhatikan reputasi developer agar mendapatkan properti berkualitas sesuai harapan. Selain itu, developer tepercaya biasanya memiliki promo menarik yang dapat dimanfaatkan konsumen untuk memudahkan pembelian dan pembayaran rumah tapak atau apartemen.

Salah satu developer tersebut adalah Sinar Mas Land yang memiliki Promo Smart Move. Promo ini berlaku pada 2 Februari 2023 hingga 31 Mei 2023.

Selama promo tersebut, konsumen dapat menikmati berbagai keuntungan, yakni bebas biaya down payment (DP), cicilan kredit kepemilikan rumah (KPR) tetap selama tiga tahun mulai Rp 4,5 jutaan, serta cashback hingga ratusan juta.

Tak hanya itu, terdapat hadiah tambahan Early Bird Deals berupa emas sampai 25 gram dan voucer uang tunai sebesar Rp 5 juta. Hadiah ini berlaku khusus pembelian pre-book pada dua minggu pertama mulai 17 Januari 2023-2 Februari 2023.

Untuk diketahui, Promo Smart Move berlaku untuk berbagai proyek Sinar Mas Land di Jakarta, BSD City, Cibubur, Surabaya, Balikpapan, dan Batam.

Promo Smart Move.DOK. Sinar Mas Land Promo Smart Move.

Untuk area Jakarta, Sinar Mas Land memiliki tiga apartemen mewah berlokasi strategis, yakni The Elements di Kuningan, Jakarta Selatan, Aerium yang terletak di Taman Permata Buana, Jakarta Barat, serta Southgate di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, Sinar Mas Land memiliki berbagai rumah tapak atau kavling di BSD City, seperti Alesha, Asatti, West Park, Freja, Yuthica, The Blitzfield, Anarta, Casa De Parco, The Eminent, Zena, Azura Starlight, dan Quantis.

Di area yang sama, Sinar Mas Land juga memiliki berbagai ruko, seperti Virginia Arcade, Autoparts & Kios Pasar Modern 2, ICE Business Park, serta Icon 5.

Baca juga: Mengenal Lifestyle Commercial Center, Penunjang Gaya Hidup Modern di Township

Sementara, di Kota Wisata Cibubur, Sinar Mas Land memiliki rumah tapak, seperti Nashville, Bellwood, Visalia, serta Lumihous. Sinar Mas Land juga memiliki ruko berkonsep modern di Cibubur, seperti Madison, Mississippi, serta CommPark.

Untuk kawasan Surabaya, Sinar Mas Land memiliki perumahan Wisata Bukit Mas dan apartemen Klaska Residence.

Di Grand City Balikpapan, Sinar Mas Land menawarkan klaster Pineville dan Hayfield. Sinar Mas Land juga memiliki ruko berkonsep modern di Balikpapan, seperti New Palladium, Golden Boulevard, serta A6.

Lalu, di Batam, Sinar Mas Land memiliki kawasan yang cocok untuk investasi, yakni The Nove Nuvasa Bay. Konsumen dapat membeli The Nove Landed House dan apartemen The Nove Kaina dan The Nove Kalani.

Selain produk properti berkualitas, Sinar Mas Land juga bekerja sama dengan beberapa bank untuk memudahkan pembayaran. Sebut saja, BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, Mandiri, Danamon, OCBC NISP, Maybank, Bank Sinarmas, BNI, BRI, Bank BTN, Bukopin, UOB, BSI, Panin, Commonwealth, CCB Indonesia, dan Bank Woori Saudara (BWS)

Segera dapatkan rumah tapak atau apartemen idaman Anda di Sinar Mas Land melalui promo Smart Move. Promo ini akan memudahkan Anda mendapatkan hunian idaman dengan berbagai promo dan hadiah menarik.

Anda bisa menghubungi bisa mengunjungi website Sinar Mas Land, e-catalog Sinar Mas Land, serta hubungi nomor telepon 021 53159000 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai promo Smart Move.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com