Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmi Luncurkan Sertifikat Tanah Elektronik

Kompas.com - 04/12/2023, 12:07 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi meluncurkan sertifikat tanah elektronik pada Senin (04/12/2023).

Hal itu dilakukan Kepala Negara usai menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah elektronik kepada 10 perwakilan penerima.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada Siang ini saya serahkan dan luncurkan sertifikat tanah elektronik," ucap Jokowi dikutip dari siaran kanal Youtube Kementerian ATR/BPN.

Menurut dia, implementasi sertifikat tanah elektronik sangat penting bagi masyarakat. Mengurangi risiko kehilangan, pencurian, serta kerusakan akibat dari bencana.

"Dari sisi pemerintah, memudahkan untuk pengelolaan data, menghemat biaya transaksi, dan juga meningkatkan kerahasiaan dan keamanan data," jelasnya.

Baca juga: Kala Jokowi Kaget Sertifikat Tanah Elektronik Cuma Satu Lembar...

Jokowi pun meminta Kementerian ATR/BPN bersama seluruh jajarannya di Indonesia untuk mensosialisasikan layanan sertifikat tanah elektronik kepada masyarakat.

"Tidak hanya di perkotaan, tapi juga sampai ke desa-desa di seluruh Indonesia. Beri informasi sejelas-jelasnya, sedetail-detailnya, agar masyarakat mengerti dan tidak bingung," tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto melaporkan, penyerahan secara simbolis sertifikat tanah elektronik kepada 10 perwakilan penerima ini merupakan bagian dari total 2.550.800 sertifikat tanah.

"Terdiri dari tujuh orang penerima sertifikat perorangan, dan tiga orang penerima sertifikat aset Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik Daerah (BMD)," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com