Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kecamatan di Semarang yang Jadi Favorit Pemburu Hunian

Kompas.com - 22/11/2023, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merupakan pusat aktivitas ekonomi dan perdagangan, Kota Semarang telah menjadi favorit para pemburu hunian.

Berdasarkan Flash Report Rumah123.com edisi November 2023, disebutkan terdapat 5 kecamatan di Semarang yang memiliki popularitas tertinggi.

Ke lima area tersebut yakni Tembalang (10,06 persen), Banyumanik (8,92 persen), Pedurungan (5,99 persen), Semarang Barat (5,47 persen) dan Gunung Pati (5,25 persen).

Menurut Country Manager 99 Group Indonesia, Maria Herawati Manik, alasan lokasi-lokasi tersebut diminati karena merupakan daerah pengembangan residensial di Semarang terutama di area timur dan selatan.

Baca juga: Selain Rumah Tapak, Tanah dan Ruko di Semarang Juga Jadi Favorit Konsumen

“Selain itu, di sana juga merupakan lokasi Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang, sehingga pengembangan properti di sekitar area tersebut dapat menargetkan pasar mahasiswa yang berasal dari luar Semarang,” ungkap Maria.

Sedangkan Kecamatan Semarang Barat, yang terletak di sebelah utara Semarang juga terbilang strategis lantaran merupakan lokasi Bandara Udara Ahmad Yani.

 

Area ini juga dekat dari kawasan wisata dan area kota lama Semarang serta sangat mudah dijangkau dari pusat kota.

Maria menambahkan, mayoritas peminat properti di Semarang merupakan warga Semarang itu sendiri yang mencapai 47,1 persen.

Baca juga: 99 Persen Tanahnya Sudah Terdaftar, Semarang Siap Jadi Kota Lengkap

“Ada juga sejumlah peminat dari kota lainnya juga terbilang signifikan, seperti Jakarta (16,2 persen), Surabaya (8,3 persen), Kuta (4,5 persen) dan Yogyakarta (2,7 persen),” tukas Maria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com