Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Rumah Tapak, Tanah dan Ruko di Semarang Juga Jadi Favorit Konsumen

Kompas.com - 22/11/2023, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah tapak masih menjadi primadona para investor properti termasuk di Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang.

Namun demikian, berdasarkan Flash Report Rumah123.com edisi November 2023, menunjukan bahwa pada bulan Oktober 2023, selain rumah tapak, permintaan konsumen terhadap tanah dan ruko di Semarang juga cukup tinggi.

Country Manager 99 Group Indonesia, Maria Herawati Manik mengatakan berdasarkan hasil survei, jenis properti yang paling diminati di Semarang hingga Oktober 2023 adalah rumah tapak, di mana peminatnya mencapai 64,4 persen.

Baca juga: 99 Persen Tanahnya Sudah Terdaftar, Semarang Siap Jadi Kota Lengkap

“Kami juga mencatat bahwa permintaan terhadap tanah cukup signifikan, sekitar 14,1 persen, dan ruko sebesar 8,1 persen,” ujar Maria dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Menurutnya, selama ini Semarang dikenal sebagai Port of Java dan terletak di utara Pulau Jawa, sehingga merupakan pusat vital untuk kegiatan bisnis dan perdagangan.

 

Daya tarik pariwisata dan perkembangan infrastruktur juga menjadi faktor yang membuat orang tertarik untuk menginvestasikan aset mereka di Semarang.

“Mayoritas peminat properti di Semarang merupakan warga Semarang itu sendiri yang mencapai 47,1 persen. Namun, sejumlah peminat dari kota lainnya juga terbilang signifikan, seperti Jakarta (16,2 persen), Surabaya (8,3 persen), Kuta (4,5 persen) dan Yogyakarta (2,7 persen),” papar Maria.

Baca juga: Proyek Tol Semarang-Demak, Masih Harus Reklamasi

Dari segi usia, dikatakan, pembeli properti potensial di Semarang umumnya berasal dari kelompok usia 35-44 tahun (30,5 persen).

Selain itu, minat juga datang dari generasi yang lebih muda yakni mereka yang berada di rentang usia 18-24 tahun (27 persen) serta 25-34 tahun (22,9 persen).

Ia menambahkan, sepanjang tahun 2023, pertumbuhan permintaan rumah sewa di Semarang secara year-on-year sebesar 39,9 persen dan rumah jual mencapai 92,1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com