Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPLB Nasional Capai 125.000 Rumah Tangga, Babel Dijatah 1.000

Kompas.com - 18/11/2023, 19:06 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Kuota program Bantuan Pasang Listrik Baru (BPLB) selama 2023 secara nasional mencapai 125.000 rumah tangga, sebanyak 1.000 rumah tangga di antaranya dialokasikan untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Vice Presiden Perencanaan Pengembangan Strategi Produk Niaga PLN Pusat Ahmad Syauki mengatakan, program BPLB telah berjalan untuk tahun kedua.

Pada tahun ini kuota BPLB ditetapkan pemerintah sebanyak 125.000 penerima manfaat tersebar di 32 Provinsi.
"Tersebar di 32 provinsi dengan daya 900 watt," kata Ahmad saat BPLB di Bangka, Jumat (17/11/2023).

Babel tahun ini mendapatkan kuota 1.000 rumah tangga penerima manfaat tersebar di pulau Belitung dan Pulau Bangka.

Baca juga: Berkunjung ke Babel Menteri Hadi Bagi-bagi Sertifikat dan Teken PKS

"Program ini merupakan program Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang disupport Komisi 7 DPR RI," ujar dia.

Penerima manfaat program BPLB adalah masyarakat kurang mampu yang sudah ditetapkan. Semua instalasi dipasang termasuk bola lampu dan token listrik Rp100.000 secara gratis.

Anggota DPR RI Bambang Pattijaya mengatakan, BPLB di Belitung sudah terlebih dahulu peresmiannya di Belitung Timur, sementara Pulau Bangka, peresmiannya di Desa Kimak.

"Di pulau Bangka yang terdapat beberapa kabupaten/kota tercatat 714 penerima dan Belitung 286 penerima," ujar Bambang.

Dia berharap dengan program BPBL ini, masyarakat merasa terbantu khusus di Kabupaten Bangka ini.

Baca juga: Jalan Lingkar Mendadak Diportal, Petani Sawit di Babel Protes

General Manager PLN UIW Babel Muhammad Munief mengatakan, PLN menjadi pelaksana dari program pemerintah, Kementerian ESDM melalui Direktorat Ketenagalistrikan.

Ia berharap program pemerintah BPBL ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang tidak mampu yang belum teraliri listrik sehingga dapat menunjang perekonomian masyarakat juga.

"Untuk Babel ini, rasio elektrikal sudah mencapai 99,9 persen, kami harap dengan program ini 100 persen masyarakat Babel sudah teraliri listrik," ujarnya.

Pejabat Bupati Bangka Muhammad Haris mengatakan, untuk Kabupaten Bangka saja ada 79 rumah tangga menerima program BPLB Kementerian ESDM Tahun 2023.

Ia merinci 79 penerima manfaat BPLB tersebut tersebar di Kecamatan Merawang 29 rumah tangga, Balun Ijuk 4, Kurung 7, Kimak 17, Pagarawan 1, dan Kecamatan Mendo Barat 50 rumah tangga.

"Ini bukti pemerintah hadir membantu masyarakat yang membutuhkan, kami harap bantuan pasang listrik gratis ini memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Bangka," kata Haris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com