Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Kedua, SOUTH78 Jadi Pusat Perhatian Acara Bintaro Design District

Kompas.com - 09/11/2023, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terinspirasi oleh kreativitas gaya hidup di masa kini, SOUTH78 hadir sebagai lifestyle creative-hub yang diharapkan dapat menjadi destinasi utama bagi berbagai komunitas kreatif untuk saling berbagi ide dan mengeksplorasi gagasan kerja sama solutif dan kolektif.

Dalam rangka festival desain dan arsitek, gedung SOUTH78 ini menjadi venue dan Collateral Event Bintaro Design District yang kedua kalinya dengan tema Envisioning Nature, yang akan berlangsung pada tanggal 8-18 November 2023.

Direktur Utama SOUTH78 William Simiadi menuturkan, SOUTH78  hadir dengan harapan dapat merangkul berbagai lapisan dari disiplin kreatif, seperti arsitektur, desain interior, graphic design, product design, musik, hingga retail, untuk saling berbagi peran positif.

Baca juga: Beli Tiket Rp 100.000, Anda Bisa Nikmati Instalasi dan Pameran Bintaro Design District 2022

Mengangkat tema Envisioning Nature atau membayangkan alam di masa depan, para kurator Bintaro Design District 2023 merupakan tokoh yang kompeten di bidangnya.

"Mereka adalah Andra Matin, Budi Pradono, Danny Wicaksono, dan Hermawan Tanzil," ungkap William, Rabu (8/11/2023).

Dia ingin mengajak para pekerja kreatif untuk terlibat memikirkan tentang alam dan hubungannya dengan desain, dan lebih besar lagi, dengan kehidupan kontemporer.

Salah satu karya instalasi dalam Collateral Event Bintaro Design District yang kedua dengan tema Envisioning Nature, yang akan berlangsung pada tanggal 8-18 November 2023.SOUTH78 Salah satu karya instalasi dalam Collateral Event Bintaro Design District yang kedua dengan tema Envisioning Nature, yang akan berlangsung pada tanggal 8-18 November 2023.
Melalui rangkaian kegiatan yang diadakan pada Bintaro Design District 2023, diharapkan dari kuratorial tahun ini dapat mendengarkan dan menampilkan ragam gagasan yang dapat memperkaya persepsikita bersama, mengenai bagaimana desaian dapat menghargai alam untuk meningkatkan kualitas hidup bersama.

Pada Collateral Event Bintaro Design District di SOUTH78 kali ini, akan ada enam karya seni instalasi yaitu: Membumi, Nature Tech Material, Project Rebirth, Live in Harmony with Nature, Life After Life, Great Architecture Fest 2023.

Acara ini didukung oleh lebih dari 20 kolaborator baik dalam maupun luar negeri dan hampir 30 kegiatan dalam 10 hari festival seperti seminar, workshop (lokakarya), kompetisi dan design talks (diskusi desain), yang mengajak publik untuk melakukan gerakan menghargai alam.

Baca juga: 5.000 Pengunjung Ditartgetkan Datangi Pameran Bintaro Design District 2022

Selain itu juga mengekspresikan diri melalui berbagai karya seperti pembuatan karya dengan barang bekas, membuat tempe tanpa plastik dan masih banyak lagi kegiatan menarik.

Kegiatan ini menjadi harapan lahirnya ide dan gagasan kreatif baru dalam perkembangan industri desain dan kreatif di Indonesia. Bahu-membahu dalam mendukung industri ini agar terus maju.

“Bersama mengembangkan industri dan ekonomi kreatif, kami di SOUTH78 berharap dapat menjadi solusi dan inspirasi, terutama bagi komunitas yang mengapresiasi desain dan kreativitas, termasuk di area sekitar Tangerang, Tangerang Selatan dan sekitarnya yang area residensialnya banyak didominasi generasi muda,” lanjut William.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com