Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat 10 November, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Indrapura-Lima Puluh Beroperasi Gratis

Kompas.com - 09/11/2023, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) dan PT Hutama Marga Waskita atau Hamawas akan mengoperasikan dua ruas jalan tol yakni Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Indrapura-Lima Puluh mulai 10 November 2023 pukul 10.00 WIB.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, dua ruas tol ini sebelumnya telah melalui Uji Laik Fungsi (ULF) pada tanggal 22 Agustus 2023–25 Agustus 2023 dan telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Hal ini dibuktikan dari terbitnya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 8 September 2023 untuk Tol Indrapura-Lima Puluh dan 19 September 2023 untuk Tol Tebing Tinggi-Indrapura.

“Hutama Karya akan mengoperasikan Tol Indrapura-Lima Puluh, sementara Hamawas mengoperasikan Tol Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Junction Indrapura," tegasnya dalam keterangan resmi, Rabu (8/11/2023).

Berbagai kesiapan pengoperasian telah dilakukan termasuk pelatihan dan simulasi yang meliputi aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan, sarana jalan, bangunan pelengkap, operasi dan administrasi serta kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya kepada sebanyak 216 personil siaga yang akan bertugas.

Baca juga: 10 November, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Dioperasikan

Dari sisi fasilitas, telah dilengkapi dengan 4 gardu tol, 29 unit CCTV, 3 unit VMS, dan 27 unit armada siaga di Tol Indrapura-Lima Puluh dan 2 gerbang tol, 7 gardu tol, 70 unit CCTV, 4 unit VMS serta 16 unit armada siaga di Tol Tebing Tinggi-Indrapura.

“Selama masa sosialisasi, kedua jalan tol ini masih belum dikenakan tarif hingga terbitnya penetapan Kepmen Tarif," kata Tjaho.

Akan tetapi, Hutama Karya mengimbau pengguna jalan untuk tetap melakukan tapping (penempelan) kartu Uang Elektronik (UE) di gerbang tol, memastikan fisik kartu UE dalam kondisi baik dan chip-nya masih berfungsi, serta memastikan kecukupan saldo.

Kedua ruas tol ini nantinya akan saling terintegrasi sehingga pengguna jalan akan mengawali perjalanan dengan masuk ke entrance (pintu masuk) Tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28,3 kilometer terlebih dahulu, baru dilanjutkan ke Tol Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,60 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com