Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal 2024, Jalan Akses ke Stasiun Kereta Cepat Whoosh Siap Dibangun

Kompas.com - 09/11/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunan jalan akses ke stasiun Kereta Cepat Whoosh pada awal tahun 2024.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian saat ditemui usai meninjau perbaikan jalan daerah di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Rabu (8/11/2023).

"Iya, awal tahun depan," ujar Hedy.

Adapun Kereta Cepat Whoosh memiliki 4 stasiun pemberhentian, yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Saat ini, akses yang telah tersedia dan mudah dijangkau oleh pengguna ada di Stasiun Halim. Sehingga, jalan akses yang akan dibangun adalah untuk menuju Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Untuk Stasiun Karawang, saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan dan akan disiapkan akses menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Kemudian untuk Stasiun Padalarang, telah dilakukan perbaikan jalan akses dari stasiun hingga ke jalan nasional yang berada dekat gerbang tol.

"Stasiun Padalarang nanti jangka panjangnya akan ada flyover dari Kota Baru Parahyangan, itu kerja sama dengan developer," imbuh Hedy.

Baca juga: 34 Tahun Rusak, Jalan Kabupaten di Tasikmalaya Jadi Mulus Berkat IJD

Selanjutnya adalah Stasiun Tegalluar yang juga masih dalam tahap pembebasan lahan.

Di Stasiun Tegalluar akan dibangun interchange untuk mempermudah akses kendaraan masuk dan keluar tol.

"Kalau sekarang kan harus lewat halaman rumah orang dulu, di Gedebage dan sebagainya. Itu butuh waktu sih," lanjut Hedy.

Sementara realisasi proyek ini nantinya merupakan hasil kolaborasi pemerintah, pengembang hingga investor jalan tol.

"Kalau yang Karawang kita minta developer seperti Deltamas untuk ikut karena dia juga dapat benefit. Kemudian investasi konstruksinya juga sebagian oleh Jasamarga karena nanti akan memberikan benefit kepada jalan tol, lalu lintasnya tambah banyak," tandas Hedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com