Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2023, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menginstruksikan Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV untuk mencari titik-titik embung di kawasan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN)

Hal itu disampaikannya usai prosesi peletakan baru pertama (groundbreaking) pembangunan Bandara IKN di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (01/11/2023).

Menurut Basuki, embung itu diperuntukkan sebagai konservasi sumber daya air yang akan menyimpan air saat musim hujan dan digunakan saat musim kemarau, penyedia air, dan pengendali banjir kawasan bandara.

"Tolong dikaji pembangunan embung untuk bandara, cari daerah-daerah cekungan," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Seperti diketahui, Bandara IKN ditargetkan beroperasi penuh pada Desember 2024. Namun, diharapkan sudah bisa digunakan pada Juni 2024.

Bandara IKN memiliki luas area 347 hektar dengan dilengkapi ruang VVIP dan VIP seluas 7.352 m2 dan dapat melayani tiga pesawat terbang berbadan besar.

Baca juga: Dibangun Pakai Dana Rp 4,3 Triliun, Bandara IKN Beroperasi Juni 2024

Bandara ini memiliki panjang runway 3.000 meter x 45 meter yang dibangun oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur.

Dukungan infrastruktur lainnya adalah pembangunan Apron 470 meter dari total luas 102.150 m2, dan taxiway sepanjang 290 meter dengan anggaran Rp 4,3 triliun.

Bandara IKN berada di Kecamatan Penajam atau berjarak sekitar 23 km dari Titik Nol IKN atau sekitar 18 menit dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Dukungan konektivitas juga telah dikerjakan Kementerian PUPR dengan menyelesaikan jalan relokasi sepanjang 4 km.

Bandara IKN juga akan terhubung dengan jalan tol segmen Simpang 3 Riko-Jembatan Pulau Balang serta jalan tol akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara, yakni Seksi 5B, Seksi 6A, Seksi 6B, dan Seksi 6C.

Selanjutnya Bandara IKN juga terhubung dengan Tol Akses IKN di Seksi 5A menuju Seksi 3B hingga Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, sehingga akan mempersingkat jarak tempuh dari Kota Balikpapan yang berjarak sekitar 120 km dari Bandara IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com