Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Kereta "Compartment Suites" KAI Terinspirasi "Orient Express"

Kompas.com - 09/10/2023, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda sudah tahu bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kini memiliki layanan kereta compartment suites?

Ini merupakan layanan terbaru dari KAI yang memiliki perbedaan dengan yang sebelumnya.

Selain dari segi fasilitas layanan yang banyak memiliki keunggulan, kereta compartment suites juga memiliki ornamen pembeda dibanding dengan lainnya, baik pada eksterior ataupun interior.

Tampilan eksterior Kereta Compartment Suites berwarna biru dengan livery warna emas.

Warna tersebut menunjukkan karakter dan ketegasan bahwa kereta ini adalah untuk kelas high-end.

Pilihan warna eksterior Kereta Compartment Suites terinspirasi dari warna kereta Orient Express yang merupakan kelas tertinggi untuk pelayanan kereta api di dunia.

“Ornamen mahkota kami buat dengan dasar warna painting gold ditambah logam kuningan yang dilapis emas sepuh agar logo terlihat semakin cantik dan berkelas sesuai tema high-end class, menunjukkan identitasnya sebagai kelas suites,” jelas VP Public Relations KAI Joni Martinus dilansir dari laman KAI, Senin (9/10/2023).

Baca juga: Sebanyak 22.428 Tiket Ludes dalam Tiga Hari, KAI Raup Rp 2,6 Miliar

Lalu, kereta jenis ini memiliki livery bergaya Palace Decorative Striped yang menggambarkan gaya elegan dan kemewahan sebuah istana, namun masih terlihat simpel dan minimalis.

Garis pada livery merupakan bentuk dari perumpamaan lintasan kereta yang menuju kejayaan, direpresentasikan oleh simbol mahkota.

Adapun pada interior kereta, dinding lorong Kereta Compartment Suites menggunakan motif lingkar Borobudur dengan sudut pandang dari atas yang terangkai, menggunakan warna toska.

Warna toska mencerminkan alam yang terdiri dari warna hijau bumi dan warna biru laut samudera, yang memberikan kesan sejuk.

Filosofi motif Borobudur mencerminkan konsep kosmos dengan struktur dan tata letaknya yang melambangkan alam dan perjalanan menuju pencerahan atau kejayaan, dengan pondasi yang kuat dan kokoh menjaga kestabilannya.

“Kami juga memasang tata pencahayaan yang apik dengan perpaduan material berwarna gold dan silver untuk memberikan nuansa kehangatan, seperti halnya KAI yang melayani dengan kehangatan kepada pelanggannya,” kata Joni.

Untuk di bagian plafon, Kereta Compartment Suites menggunakan ukiran Perisai Talawang dari material kayu dengan motif Burung Enggang yang dianggap suci dan gagah, memiliki filosofi perlindungan diri, sekaligus menumbuhkan keberanian dan tekad keras memperjuangkan cita-cita.

KAI mengundang Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo untuk mencoba layanan Kereta Compartment Suites. Perjalanan ini mengambil rute dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon PP. Rombongan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 12.00 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon pukul 14.30 WIB. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dari Stasiun Cirebon pukul 16.15 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 18.00 WIB.Dok. PT Kereta Api Indonesia (Persero) KAI mengundang Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo untuk mencoba layanan Kereta Compartment Suites. Perjalanan ini mengambil rute dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon PP. Rombongan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 12.00 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon pukul 14.30 WIB. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dari Stasiun Cirebon pukul 16.15 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 18.00 WIB.
Untuk di ornamen lantai, menggunakan material karpet berwarna kombinasi abu-abu muda dan abu-abu tua yang jika dilihat dari jauh seperti kecokelatan, memberikan kesan alam yang dipijak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com