Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbanyak CBD, Sebaran Apartemen di Jakarta yang Bisa Dibeli Ekspatriat

Kompas.com - 04/10/2023, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah berupaya memberi kemudahan kepemilikan properti di Indonesia bagi Warga Negara Asing (WNA), termasuk ekspatriat, melalui penerbitan regulasi baru.

Hal tersebut juga diharapkan dapat memicu bergairahnya pasar apartemen di Jakarta secara menyeluruh.

Head of Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto menyampaikan, sesuai regulasi, harga apartemen di Jakarta yang bisa dibeli ekspatriat adalah minimal Rp 3 miliar.

Berdasarkan wilayahnya, sebaran apartemen di Jakarta yang paling banyak bisa dibeli ekspatriat berada di CBD dengan 36 persen.

Diikuti Jakarta Selatan 33 persen, Jakarta Barat 12 persen, Jakarta Pusat 10 persen, Jakarta Utara 7 persen, dan Jakarta Timur 2 persen.

"Sebaran apartemen yang dapat dibeli ekspat paling banyak di CBD. Hal ini sesuai pasar karena banyak ekspat bekerja di area tersebut," jelas Ferry dalam konferensi pers virtual pada Rabu (04/10/2023).

Baca juga: Harga Apartemen yang Dilalui LRT Jabodebek Berpotensi Naik

Menurut dia, dari sisi jumlah, ekspatriat yang membeli unit apartemen di Jakarta mungkin tidak banyak. Namun, hal itu akan berpengaruh terhadap psikologis pembeli secara umum.

"Karena kalau orang asing ini sudah mulai aktif, tentu ini akan juga menggerakkan seluruh pasar secara simultan. Dan tentu masih diharapkan pembeli itu memang dari lokal," pungkasnya.

Dengan demikian, meski ada pelonggaran regulasi tentang kepemilikan properti bagi WNA untuk menarik lebih banyak pembeli asing, Colliers Indonesia menilai pasar apartemen akan tetap sangat bergantung kepada pembeli lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com