Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Sesuai Kontur Lahan, Rumah Menteri di IKN Ada Dua Tipe

Kompas.com - 27/09/2023, 09:38 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang melaksanakan pembangunan 36 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sejauh ini, sekitar 32 unit rumah sudah terbangun. Sementara targetnya semua selesai dan siap huni pada pertengahan tahun 2024.

Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II, H. Hujurat menyampaikan, pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri didesain agar dapat merespon kondisi topografi berkontur.

"Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri terdiri dari dua tipe rumah yang mengikuti kontur lahan, yaitu tipe upslope dan downslope," jelasnya.

Ini menjadi artikel terpopuler dalam kanal Properti Kompas.com, Rabu (27/9/2023).

Lantas, apa yang dimaksud dengan tipe upslope dan downslope? Selanjutnya baca di sini: Sesuai Kontur Lahan, Rumah Menteri di IKN Ada Dua Tipe

Kementerian PUPR melanjutkan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Serang-Panimbang.

Hal ini ditandai lewat pelelangan proyek Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Fase 2 yang tercantum dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Tender proyek ini dibagi menjadi tiga paket, dengan rincian Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Fase 2 Paket 1 senilai Rp 1,008 triliun, Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Fase 2 Paket 2 senilai Rp 1,692 triliun, dan Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Fase 2 Paket 3 senilai Rp 2,134 triliun.

Sehingga bila dijumlah, total nilai tender proyek Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Fase 2 tersebut mencapai Rp 4,834 triliun.

Lalu, kapan beresnya?

Selanjutnya baca di sini Tol Serang-Panimbang Dilelang Rp 4,8 Triliun, Kelar 2024?

Pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47,75 km ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023.

Jalan Tol Kisaran-Indrapura terbagi dalam dua seksi. Seksi 1 sepanjang 15,6 kilometer yang menghubungkan Indrapura-Limapuluh.

Sementara Seksi 2 sepanjang 32,15 kilometer menghubungkan Limapuluh-Kisaran.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, untuk konstruksi Seksi 1 sudah selesai dan juga telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada awal September 2023 lalu.

Lantas, berpaa progresnya saat ini?

Jawabannya di sini Akhir Tahun 2023, Indrapura-Kisaran Sudah Terhubung Jalan Tol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com