Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.300 Konsumen Akad Massal Pembiayaan Syariah FLPP dan Tapera

Kompas.com - 26/09/2023, 19:14 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.300 konsumen pembiayaan syariah untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) melaksanakan akad massal di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (26/9/2023).

Pada saat bersamaan, juga diserahkan mock up kunci Rumah Tapera kepada lima penerima manfaat.

Salah satunya adalah Dosen UIN Raden Fatah serta penerima manfaat dari Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) lainnya yang berprofesi sebagai Dinas Penyelamatan Pemadam Kebakaran, Swasta dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baca juga: Agar Semakin Prudent, Dana Tapera Dikelola 7 Manajer Investasi Profesional

Komisioner Badan Pengelola (BP) Tapera Adi Setianto mengatakan, pihaknya berharap masyarakat di Sumsel bisa memanfaatkan program pembiayaan perumahan untuk rumah Tapera ini.

"Karena, rumah Tapera adalah rumah yang berkualitas, dihuni, dan tepat sasaran," jelas Adi dalam keterangan tertulis, Selasa (26/9/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel Basyaruddin Akhmad menyampaikan apresiasinya kepada BP Tapera.

Sebab, dengan produknya tersebut tidak hanya melayani PNS, tetapi juga masyarakat penghasilan tidak tetap.

Hal ini diamini oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna.

Menurut dia, pekerja informal lebih banyak dari pekerja informal. Sedangkan pembiayaan untuk sektor ini masih berada pada kisaran 12 persen.

“Kami berharap peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Solusi apa yang bisa di-explore sehingga bisa mengatasi backlog (ketimpangan)," tutup Herry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com