Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Hapernas 2023, Kementerian PUPR Bersama BTN Gelar 10.000 Akad Massal Serentak se-Indonesia

Kompas.com - 08/08/2023, 14:03 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN melaksanakan akad massal dengan 10.000 nasabah di seluruh cabang BTN se-Indonesia.

Akad massal ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian pembukaan Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2023.

Kegiatan akad massal secara serentak ini dipusatkan di Perumahan Puri Delta Tigaraksa di Tangerang.

Diharapkan, kegiatan tersebut dapat mendorong akses masyarakat untuk memiliki rumah bersubsidi berkualitas dengan harga subsidi pemerintah dan angsuran terjangkau.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, melalui akad kredit ini, akses pembiayaan perumahan yang diupayakan oleh pemerintah dengan dukungan pemerintah daerah, pengembang dan perbankan, dapat terjangkau oleh masyarakat luas.

Baca juga: 9.057 Akad Kredit Massal Digelar saat Tapera Property Expo 2022

Pada tahun 2023 ini, Peringatan Hapernas mengusung tema “Melanjutkan Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak, Berkelanjutan dan Terjangkau Untuk Semua” yang bertujuan meningkatkan kolaborasi dari para pemangku kepentingan dan pihak lain yang terlibat dalam pemenuhan hunian yang layak untuk rakyat Indonesia.

Kolaborasi dilakukannya juga dalam mendukung target Pemerintah dalam penanganan kemiskinan ekstrem yang tentunya terkait dengan ketersedian dan keterjangkauan hunian layak.

Pada kesempatan itu, Basuki juga menyambut baik dan menyampaikan apresiasi kepada BTN yang telah menginisiasi penyelenggaraan acara akad massal tersebut.

Menurut dia, BTN sebagai salah satu bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peranp enting dalam menyukseskan Program Satu Juta Rumah (PSR) melalui penyaluran KPR subsidi maupun non-subsidi.

Di samping percepatan penyaluran KPR Fasilitas Likuidas Pembiayaan Perumahan (FLPP), saya berharap BTN dapat bersama-sama mengawasi kualitas rumah subsidi, serta melakukan pengawasan dan evaluasi dalam proses kepemilikan rumah melalui KPR yang dijalankan.

"Semoga dengan Peringatan Hapernas ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua karena masyarakat membutuhkan hunian yang layak huni," tambah Basuki.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu menerangkan, dalam momentum kali ini, ada 201 akad kredit akan ditandatangani nasabah BTN.

"Kami siap mensukseskan Hapernas 2023 dan pada hari ini ada 10 ribu akad kredit rumah BTN. Untuk di Tangerang ini sebanyak 201 akad kredit akan ditanda tangani nasabah BTN," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com