Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Beton Suplai Produk PC Beam dan PC Plank ke Cilegon

Kompas.com - 21/09/2023, 07:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Beton Precast Tbk atau WSBP kini menyuplai produk proyek pembangunan jetty atau dermaga untuk pengiriman dari pabrik kimia yaitu Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project).

Melalui proyek yang berlokasi di Cilegon, Provinsi Banten ini, WSBP mendapatkan perolehan kontrak sebesar Rp 2,67 miliar.

Vice President of Corporate Secretary WSBP Fandy Dewanto berpendapat, pengalaman perseroan dalam menyuplai produk pembangunan infrastruktur tidak diragukan lagi.

"Sehingga, WSBP bisa mendapatkan kepercayaan untuk menyuplai pembangunan pabrik Lotte Chemical ini,” jelasnya dalam siaran pers, Rabu (20/9/2023).

Penyelesaian suplai proyek ini juga mendapat dukungan penuh dari Presiden RI Joko Widodo yang melakukan kunjungan langsung ke lokasi Proyek Lotte Chemical pada (12/9/2023) lalu.

Jokowi mengatakan, pabrik kimia ini ditargetkan selesai pada tahun 2025 sehingga nantinya bisa menyuplai barang-barang petrokimia untuk lokal dan ekspor.

Baca juga: Gandeng Unnes, Waskita Beton Kembangkan Kampanye Belajar Beton

Pada proyek Lotte Line Project ini khususnya pada area WP7 (Work Package 7/Paket Pekerjaan 7), WSBP menyuplai PC Beam dan PC Plank sebagai komponen Jetty Control Building (JCB).

“Kami suplai untuk jetty seluas kurang lebih 1.017 meter persegi yang bertujuan untuk memudahkan akses supply chain bahan baku material plastik curah dari kapal menuju tangki,” tambah dia.

Adapun PC Beam (pengganti balok/seperti girder) berfungsi untuk menerima dan meneruskan beban horizontal maupun vertikal yang diterimanya, menuju balok maupun kolom struktur untuk diteruskan menuju pondasi.

Sedangkan PC plank berfungsi untuk menyalurkan beban mati maupun hidup ke rangka pendukung sehingga menambah kekakuan sebuah bangunan.

Sebanyak 65 pcs produk yang terdiri dari 40 pcs PC Beam dan 25 pcs PC Plank diproduksi dan dikirimkan langsung dari salah satu plant terbesar milik WSBP, yaitu Plant Bojonegara.

Tidak hanya produk standar, WSBP juga memproduksi produk kustomisasi sebanyak 27 tipe produk dari total 65  produk yang disuplai tersebut.

Produk yang dikirimkan ini memiliki spesifikasi PC Beam dan PC Plank produk precast tanpa stressing dan rough surface (finishing permukaan kasar) pada produk di beberapa penampang untuk joint cor in situ.

Fandy menyatakan, seluruh proses produksi sudah selesai. Pengiriman PC Beam dilakukan bertahap melalui jalur darat menggunakan truk trailer.

Sementara PC Plank akan dikirimkan melalui jalur laut menggunakan tongkang secara langsung.

“Saat ini seluruh proses produksi sudah selesai 100 persen dan produk telah sampai di lokasi proyek,” tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com