Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Pindah ke Kertajati, Operator Antarmoda Siap Tebar Promo

Kompas.com - 17/09/2023, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator angkutan antarmoda siap memberikan tarif promo pada awal pemindahan Bandara Husein Sastranegara atau BDO ke Bandara Kertajati (KJT), mulai Oktober 2023 hingga Desember 2023.

Plh Direktur Angkutan Jalan Imam Sukandar memastikan hal ini dikutip dari laman Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (17/9/2023). 

"Operator angkutan antarmoda siap memberikan promosi tarif pada awal pemindahan Bandara BDO ke KJT yaitu pada Oktober hingga Desember 2023,” jelasnya.

Beberapa angkuta antarmoda yang tersedia di antarnya yaitu Bus Damri dan sejumlah perusahaan bus dan travel swasta, dan taksi.

Angkutan ini melayani perjalanan dari dan ke Kertajati menuju Bandung, Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, dan Karawang.

Kemudian, Majalengka, Cimahi, Purwakarta, Subang, Banjar, Pangandaran, Jatinangor, Sumedang, dan Indramayu.

Baca juga: 29 Oktober, Penerbangan dari Bandara Husein Resmi Pindah ke Kertajati

Besaran promo tarifnya rata-rata sebesar 20 persen. Misalnya, harga normal bus Damri dari Bandung ke Bandara KJT Rp 100.000 menjadi Rp. 80.000 dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Sementara untuk taksi Blue Bird akan memberikan diskon hingga Rp 50.000 dari total tarif berdasarkan jarak yang ditempuh.

Iman menjelaskan, saat ini ini telah disiapkan angkutan antarmoda dengan 12 perusahaan otobus (PO) yaitu sebanyak 108 kendaraan dan total kapasitas mencapai 2.300 kursi.

Menurut dia, dengan beroperasi Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), angkutan antarmoda Bandara KJT memiliki sejumlah keunggulan.

Ini di antaranya lebih dekat, lebih cepat dan lebih murah, jika dibandingkan perjalanan dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma.

Saat ini, Kemenhub terus mempersiapkan pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati.

Adapun tanggal efektif pengalihan penerbangan berjadwal dalam negeri dari Bandara Husein Bandung ke Bandara Kertajati dimulai pada awal periode Winter 2023 yaitu pada 29 Oktober 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com