Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rampung Tahun 2024, Penataan Kawasan Wisata Dieng Bisa Habiskan Rp 80 Miliar

Kompas.com - 16/09/2023, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menata kawasan wisata dataran tinggi Dieng di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng).

Penataan kawasan wisata ini ditargetkan akan rampung pada tahun 2024 mendatang, dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 80,79 miliar.

Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Cakra Negara mengatakan penataan Kawasan Wisata Dieng sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 50 Tahun 2011 terkait Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (Ripparnas).

"Kawasan Wisata Dieng merupakan bagian dari pengembangan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur dan sekitarnya (Destinasi Super Pariwisata Nasional/DSPN) untuk mendukung pembangunan kepariwisataan di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Nasional," ungkap Cakra saat mendampingi Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI di Kawasan Wisata Dieng, Jumat (15/9/2023).

Baca juga: Penataan Agro Wisata Tamansuruh Telan Rp 25,7 Miliar, Ada Rumah Adat Osing

Dikatakan kawasan wisata Dieng merupakan salah satu bagian dari penopang ekonomi di 2 Kabupaten yakni, Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Di sekitar Kawasan Wisata Dieng, pengunjung juga bisa menikmati beberapa wisata lainnya seperti Candi Arjuna, Tuk Bimo Lukar, Kawah Sikidang, telaga Warna, Bukit Sikunir, serta 16 geoheritage site lainnya.

Cakra menjelaskan pekerjaan penataan kawasan wisata Dieng dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah, sejak 20 Juli 2023. Luas area yang ditangani sebesar 5,7 hektar dari total luas kawasan wisata Dieng sebesar 4.600 hektar.

 

"Nilai kontrak pekerjaan penataan sebesar Rp 80,79 miliar. Saat ini progres pembangunan fisiknya mencapai 3,97 persen dan ditargetkan akan selesai  pada 18 Juli 2024 mendatang," tambahnya. 

Adapun lingkup pekerjaan meliputi: Koridor Candi Arjuna (penataan plaza, pendestrian dan lanskap), Kawasan Kawah Sikidang (kios, parkir, dan lanskap), Kawasan Telaga Warna (pendopo Syailendra dan parkir), dan Bukit Sikunir (pendopo, parkir, dan lanskap).

Baca juga: Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia, Pura Besakih Beres Ditata Akhir Tahun

Jika Anda bertolak dari Bandara A.Yani Semarang, Kawasan Wisata Dieng berjarak kurang lebih 117 kilometer dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat selama kurang lebih 3 jam. 

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, mengatakan kunjungan kerja spesifik tersebut dilakukan untuk meninjau progres penataan di kawasan wisata Dieng. 

"Kami berharap dengan adanya penataan kawasan wisata ini, akan mendorong pertumbuhan ekonomi di dua Kabupaten di Provinsi Jateng," pungkas Andi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com