Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Jalan Tol Layang di Tanah Air, Ini Daftarnya

Kompas.com - 16/09/2023, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Jalan tol di Indonesia setidaknya memiliki dua macam jenis konstruksi berdasarkan strukturnya. Yakni di atas tanah, dan melayang (elevated).

Dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Sabtu (16/09/2023), kini jalan tol di Indonesia yang sudah beroperasi sekitar 2.760 km.

Dari jumlah itu, ada yang konstruksinya di atas tanah atau timbunan, dan terdapat pula yang strukturnya elevated juga bahkan dengan tiang pancang.

Beberapa jalan tol yang dibangun dengan konstruksi elevated atau layang, ada yang dibangun di atas jalan arteri, di atas jalan tol eksisting, dan bahkan di atas laut.

Baca juga: Lima PSN Jalan Tol Siap Diresmikan, Nih Daftarnya

Berikut daftar jalan tol layang di Indonesia:

1. Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono

Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono atau yang dikenal Jalan Tol Cawang-Tj. Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit merupakan jalan tol layang pertama yang ada di Indonesia yang telah beroperasi sejak 1989.

Jalan Tol layang ini dibangun di atas ruas jalan arteri wilayah Cawang menuju Tanjung Priok memiliki total panjang 27,05 km dan terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Jagorawi.

2. Jalan Tol Bali-Mandara

Jalan Tol Bali-Mandara sepanjang 10,7 km yang dibangun di Pulau Bali telah beroperasi sejak tahun 2013 lalu.

Jalan tol ini dibangun diatas laut dan menjadi yang pertama di Indonesia serta menggunakan pondasi tiang pancang yang jumlahnya hampir 14.000 ribu titik.

Jalan Tol Bali-Mandara dibangun untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang menuju wilayah Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

3. Jalan Tol Layang MBZ

Jalan Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) membentang sepanjang 38 km dan telah beroperasi pada 12 Desember 2019 yang dibangun di atas Jalan Tol Jakarta-Cikampek existing yang telah beroperasi sejak lama (tujuan jarak pendek).

Jalan tol layang ini merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia yang membentang panjang dari wilayah Junction Cikunir hingga Karawang Barat.

4. Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR)

Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) merupakan Jalan Tol dengan konstruksi layang di Kota Bogor, diharapkan dapat menjadi akses pendukung kegiatan ekonomi masyarakat Bogor dan sekitarnya.

Jalan tol ini beroperasi sejak tahun 2009 dari Sentul Selatan hingga Simpang Semplak yang juga menjadi akses pendukung kegiatan industri dan logistik yang semakin memberikan peningkatan di sektor perekonomian daerah Jawa Barat dan sekitarnya.

5. Jalan Tol Bekasi Cawang-Kp. Melayu (Becakayu)

Jalan Tol Bekasi Cawang-Kp. Melayu yang dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai wilayah Kampung Melayu dengan total panjang 15,28 km.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com