Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bangkinang-Koto Kampar Selesai Dibangun Akhir 2023, Ini Progresnya

Kompas.com - 14/09/2023, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero memastikan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) akan beres akhir tahun 2023 ini.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro membeberkan progres atas pembangunan jalan tol tersebut dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (13/9/2023).

“Hingga Agustus 2023, progres jalan tol mencapai 80 persen, dan progres pengadaan lahan terus berjalan sebesar 94,74 persen," jelasnya.

Baca juga: Hutama Karya Siap Tancap Gas Bangun Tol Trans-Sumatera Tahap II

Dalam pelaksanaan pekerjaan proyek jalan tol ini, juga dilakukan sejumlah strategi percepatan di antaranya dengan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap ketersediaan sumber daya (material dan peralatan).

Kemudian, memaksimalkan pekerjaan pada cuaca cerah dengan menambah jam kerja, serta penggunaan sejumlah teknik konstruksi untuk perbaikan tanah dasar digunakan replacement + preloading, dan untuk penahanan tanah digunakan teknik soil nailing dan MSE Wall.

 

Jalan tol ini memiliki keistimewaan karena menyuguhkan pemandangan cantik bagi pengguna yang melewatinya.

Nantinya, Tol Bangkinang-Koto Kampar akan dilengkapi dengan jembatan layang yang dibangun di atas lembah.

Dalam pembangunannya, ruas ini melalui kontur eksisting yang ekstrim (lembah) dengan kedalaman hingga 30 meter dan panjang sampai dengan 500 meter. Sehingga, diperlukan bangunan jembatan.

Tidak hanya dikelilingi lanskap pemandangan perbukitan, pengguna jalan tol nantinya dapat memangkas waktu tempuh dari Bangkinang ke XIII Koto Kampar dari semula 45 menit-60 menit menjadi 18 menit-20 menit dengan kecepatan rencana jalan tol yakni 80 kilometer per jam.

Adapun fasilitas struktur lainnya dari jalan tol ini berupa 1 interchange, 1 overpass, 8 mainbridge, dan 2 gerbang tol (GT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com